Israel Serang Lebanon, Korban Tewas Capai 558 Orang

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 25 September 2024 | 11:20 WIB
Israel terus menggempur Lebanon(Foto/Syarjah)
Israel terus menggempur Lebanon(Foto/Syarjah)

BeritaNasional.com - Israel kembali menyerang target-target militan Hizbullah di Lebanon pada hari Selasa (24/9/2024). Korban tewas yang kebanyakan penduduk sipil akibat serangan udara sejak Senin meningkat menjadi 558 orang, dan 1.835 korban luka-luka.

Secara keseluruhan Israel menyerang 1.500 lokasi. Pejabat kesehatan Lebanon mengatakan ,50 anak tewas dalam serangan itu, bersama dengan sedikitnya 94 perempuan.

Militer Israel mengatakan, serangannya mengenai puluhan target Hizbullah, termasuk militan yang terlibat dalam peluncuran beberapa roket ke Israel utara.

Israel mengatakan, salah satu serangannya di pinggiran selatan Beirut menewaskan Ibrahim Muhammad Qubaisi. Ia merupakan komandan militer senior Hizbullah yang mengawasi sistem rudal Hizbullah.

Badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations High Commissioner for Refugees/UNHCR) mengatakan, mereka sangat marah dan sedih oleh serangan Israel yang menewaskan dua anggotanya.

Serangan Israel membabibuta menyebabkan ribuan warga Lebanon berlari meninggalkan Lebanon selatan untuk mencari tempat yang aman dari serangan Israel. Perjalanan warga menyebabkan kemacetan di jalan-jalan ke arah utara menuju Beirut. 

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan, “Kita semua harus waspada dengan eskalasi ini. Lebanon berada di ambang kehancuran. Rakyat Lebanon, rakyat Israel, dan rakyat dunia tidak boleh membiarkan Lebanon menjadi Gaza lainnya,” katanya dikutip dari VOA.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: