Ridwan Bemo Julukan Baru RK dari Seniman Betawi, Apa Artinya?

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 25 September 2024 | 21:10 WIB
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -   Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil, mendapatkan nama baru dari seniman Betawi di Sanggar Oplet Robet, Jakarta Timur, pada Rabu (25/9/2024) malam.

Nama baru tersebut adalah Ridwan Bemo, yang berarti Ridwan Betawi Modern. Nama ini diumumkan langsung oleh Bang Madit, alias Ramdhani Qubil AJ.

"Oplet Robet memberikan nama  khusus buat Haji Muhammad Ridwan Kamil, dengan panggilan Bang Ridwan Bemo," kata Bang Madit sambil tertawa.

Bang Madit menjelaskan bahwa nama ini diberikan kepada RK karena dia merupakan sosok yang progresif, sehingga diharapkan bisa melestarikan budaya Betawi seiring perjalanan Jakarta menjadi kota global.

"Apa itu Bemo? Betawi modern. Saya yakin beliau adalah orang yang sangat-sangat progresif, orang yang sangat aktif. Mudah-mudahan ketika memimpin Jakarta, Jakarta jadi lebih maju lagi, kota global tapi tidak meninggalkan budaya lokal," ujar Madit.

Menanggapi hal itu, RK mengaku senang dan menerima pemberian nama barunya. Bahkan, dia berkelakar akan segera mengubah namanya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

"Dengan mengucap Alhamdulillah, saya terima. Saya harus ke Dukcapil besok karena mau ubah nama, Ridwan Kamil menjadi Ridwan Bemo," kelakar RK yang diikuti gelak tawa penonton.

"Saya enggak tahu apakah perubahan nama ini masih bisa diterima KPU atau tidak. Pulang dari sini saya akan telepon istri saya apakah berkenan, karena (namanya berubah) nanti jadi Ibu Cinta Ridwan Bemo," sambungnya lagi.

Terlepas dari gurauan itu, RK mengucapkan terima kasih atas nama yang diberikan. Menurutnya, hal itu merupakan tanda cinta warga Betawi kepadanya.

"Tapi apapun, ini adalah kehormatan tertinggi, tanda cinta dari warga Betawi yang menjuluki saya Ridwan Betawi Modern. Terima kasih. Itu saja yang bisa saya sampaikan," tandas RK. sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: