Tokopedia Luncurkan Fitur Daftar BPJS Ketenagakerjaan, Begini Caranya

Oleh: Imantoko Kurniadi
Kamis, 26 September 2024 | 00:12 WIB
Fitur pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan di Tokopedia. (BeritaNasional/doc. Tokopedia)
Fitur pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan di Tokopedia. (BeritaNasional/doc. Tokopedia)

BeritaNasional.com -  Pada 2023, jumlah tenaga kerja aktif yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan meningkat 15,89 persen menjadi 41,46 juta orang.

Untuk 2024, BPJS Ketenagakerjaan menargetkan peserta aktif mencapai 53,86 juta. Sejalan dengan target ini, Tokopedia pada 25 September 2024 resmi meluncurkan fitur Daftar BPJS Ketenagakerjaan, yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat, terutama pekerja informal dan pelaku UMKM, dalam mendapatkan perlindungan atas risiko kerja. Dengan ini, Tokopedia menjadi e-commerce pertama yang menawarkan fitur tersebut.

"Setiap pekerja, termasuk pekerja informal dan pelaku UMKM, berhak atas perlindungan dari risiko kerja, seperti kecelakaan saat bekerja atau dalam perjalanan ke tempat kerja," kata Dimas Kuncoro Jati, Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia dan TikTok E-commerce, seperti dikutip dalam keteranganya, Kamis (26/9/2024).

Dimas menekankan bahwa Tokopedia berkomitmen untuk membantu masyarakat mengakses BPJS Ketenagakerjaan dengan lebih mudah, cepat, dan aman. Melalui fitur terbaru ini, pengguna dapat mendaftar dan membayar BPJS Ketenagakerjaan kapan saja dan di mana saja, menggunakan berbagai metode pembayaran.

Sementara itu I Putu Wiradana, Deputi Direktur Bidang Kepesertaan Program Khusus BPJS Ketenagakerjaan, menambahkan bahwa kerja sama dengan Tokopedia akan mempermudah penjual dan pengguna platform tersebut untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami mengapresiasi Tokopedia sebagai e-commerce pertama yang memfasilitasi pendaftaran dan pembayaran iuran melalui konsep voucher," ujarnya.

Cara Mudah Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan di Tokopedia

Dimas menjelaskan bahwa proses pendaftaran dan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan melalui Tokopedia sangat mudah. Pengguna cukup mengetik 'BPJS' di kolom pencarian, lalu memilih 'Daftar BPJS Ketenagakerjaan'.

Selanjutnya, pilih voucher sesuai skala usaha dan metode pembayaran yang diinginkan. Tokopedia menawarkan lebih dari 65 metode pembayaran, termasuk dompet digital dan transfer bank.

Setelah itu, pengguna perlu redeem voucher dan mengisi e-form BPJS Ketenagakerjaan yang akan dikirim via email. Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan juga akan dikirim melalui email. 

Kolaborasi antara Tokopedia dan BPJS Ketenagakerjaan menawarkan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk masyarakat Indonesia, termasuk pekerja informal dan UMKM. Program ini mencakup Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

JKK memberikan perlindungan kepada pekerja yang mengalami kecelakaan saat bekerja atau dalam perjalanan. Manfaatnya meliputi biaya perawatan tanpa batas, beasiswa hingga Rp174 juta, santunan, dan biaya rehabilitasi jika diperlukan. JKM memberikan santunan kematian kepada ahli waris peserta, yang mencakup biaya pemakaman, santunan kematian, dan santunan berkala selama 24 bulan.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: