AS dan Sekutu Desak Israel dan Lebanon Gencatan Senjata

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 27 September 2024 | 05:00 WIB
Israel terus memborbardir Lebanon (Foto/Kurdistan 24)
Israel terus memborbardir Lebanon (Foto/Kurdistan 24)

BeritaNasional.com - Amerika Serikat (AS), Uni Eropa dan 9 negara lainnya mendesak Israel dan Lebanon untuk menyetujui gencatan senjata sementara di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

"AS, Australia, Kanada, Uni Eropa, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar menggambarkan situasi antara kedua negara sebagai tidak dapat ditoleransi sejak 8 Oktober," kata pernyataan bersama AS dan sekutunya.

"Situasi ini menimbulkan risiko yang tidak dapat diterima, eskalasi regional yang lebih luas," AS dan sekutunya.

"Ini tidak menguntungkan siapa pun, baik rakyat Israel maupun rakyat Lebanon," kata mereka.

Pernyataan tersebut juga mengatakan sudah saatnya menyelesaikan penyelesaian diplomatik agar warga sipil dapat kembali ke rumah mereka.

"Namun, diplomasi tidak dapat berhasil di tengah meningkatnya konflik ini," kata pernyataan itu dikutip dari Anadolu.

"Oleh karena itu, kami menyerukan gencatan senjata segera selama 21 hari di perbatasan Lebanon-Israel untuk memberi ruang bagi diplomasi menuju penyelesaian diplomatik yang konsisten dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701, dan pelaksanaan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2735 tentang gencatan senjata di Gaza,"  tambah AS dan sekutunya.

"Kami menyerukan kepada semua pihak, termasuk Pemerintah Israel dan Lebanon, untuk segera mendukung gencatan senjata sementara yang konsisten dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701 selama periode ini dan memberikan kesempatan nyata bagi penyelesaian diplomatik," kata pernyataan bersama itu.

Mereka juga mengatakan mereka siap mendukung penuh semua upaya diplomatik untuk menyelesaikan kesepakatan antara Lebanon dan Israel selama proses ini.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: