Harris Siap Berkampanye di Perbatasan AS-Meksiko

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 27 September 2024 | 06:00 WIB
Kamala Harris siap kampanye di perbatasan Meksiko (Foto/X VP Kamala Harris)
Kamala Harris siap kampanye di perbatasan Meksiko (Foto/X VP Kamala Harris)

BeritaNasional.com - Capres AS dari Partai Demokrat Kamala Harris siap mengunjungi perbatasan AS-Meksiko di Arizona untuk berkampanyenya. Ia mencoba mengubah isu imigrasi selama ini.

Harris akan berada di Douglas, Arizona, di seberang perbatasan dari Agua Prieta, Meksiko.

Selama ini Capres AS dari Partai Republik Donald Trump membangun citra kampanyenya dengan menyerukan tindakan keras terhadap imigran ilegal dan perbatasan selatan. Trump bahkan mendukung penggunaan polisi dan militer untuk melakukan deportasi massal jika ia terpilih pada bulan November. 

Harris berupaya memanfaatkan isu tersebut. Ia berusaha meraih simpati para imigran.

Trump mengatakan, Harris akan pergi ke perbatasan Meksiko untuk alasan politik. "Apalagi hasil jajak pendapatnya menurun."

"Saat Kamala berbicara tentang perbatasan, kredibilitasnya kurang dari nol," kata Trump. 

"Saya harap Anda akan mengingatnya lagi saat dia bercerita tentang perbatasan. Sampaikan satu pertanyaan sederhana kepadanya: "Mengapa Anda tidak melakukannya empat tahun lalu?", tambah Trump dikutip dari VOA.

Presiden Joe Biden menugaskan Harris untuk mengatasi akar penyebab pola imigrasi yang telah menyebabkan banyak orang melarikan diri dari kekerasan dan geng narkoba di Amerika Tengah menuju perbatasan AS dan mencari suaka, meskipun dia tidak disebut penguasa perbatasan.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: