Hujan Disertai Angin Kencang Landa Penajam Paser Kalimantan Timur, Belasan Rumah Rusak

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 27 September 2024 | 08:08 WIB
Rumah rusak akibat hujan disertai angin kencang di Penajam Paser, Kaltim. (Foto/BNPB).
Rumah rusak akibat hujan disertai angin kencang di Penajam Paser, Kaltim. (Foto/BNPB).

BeritaNasional.com - Cuaca ekstrem membuat hujan disertai angin kencang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (24/9/2024). Akibat hal tersebut menyebabkan satu desa di satu kecamatan terdampak, adapun lokasi kejadian berada di Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku.

“Peristiwa ini menyebabkan satu desa di satu kecamatan terdampak, adapun lokasi kejadian berada di Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Jumat (27/9/2024).

Berdasarkan data yang diterima Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 18 KK atau 71 warga terdampak, selain itu kerugian materil tercatat, sebanyak lima rumah rusak berat, dan 13 rumah rusak ringan.

“Dilaporkan setelah hujan reda, Warga bersama unsur terkait, melakukan pembersihan material puing-puing dan genting serta penebangan pohon-pohon tumbang yang menimpa rumah-rumah di sekitaran wilayah terdampak,” beber dia.

Selain itu, Abdul berkata BPBD Kabupaten Penajam Paser Paser Utara sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pendataan dampak dari kerusakan tersebut.

“BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara langsung menuju lokasi kejadian untuk koordinasi dengan unsur terkait guna melakukan pendataan dan pencatatan dampak kerusakan secara menyeluruh,” bebernya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: