DPR Sesalkan Menag Mangkir Evaluasi Haji 2024

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 27 September 2024 | 15:30 WIB
DPR sesalkan Menag mangkir Evaluasi Haji 2024 (Beritanasional/Panji)
DPR sesalkan Menag mangkir Evaluasi Haji 2024 (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKB Marwan Dasopang menilai Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sebagai menteri yang tidak bertanggung jawab.

Hal itu dia ucapkan menyoroti mangkirnya Yaqut berkali-kali dalam agenda evaluasi penyelenggaraan ibadah haji 2024 yang diduga bermasalah.

"Menterinya tidak bertanggungjawab. (Haji) itu pekerjaan yang terus-menerus bertaut dari 1 periode ke periode dari 1 menteri ke menteri lain," ujar Marwan di kompleks parlemen, Senayan, Jumat (27/9/2024).

Menurutnya, Yaqut tak meninggalkan jejak apapun terkait penyelenggaraan haji untuk menteri yang akan datang. Ia juga berharap Yaqut tak terpilih kembali karena tak layak menjadi menteri.

"Jejak dia tidak ada untuk ditinggalkan bagi menteri yang akan datang. Itu saya kira tidak layak lagi dipertimbangkan sebagai tokoh untuk masa-masa yang akan datang," tuturnya.

Marwan mengatakan, pihaknya tak bisa memberi sanksi kepada Yaqut. Satu-satunya pihak yang bisa memberikan hukuman hanya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita tidak bisa memberikan sanksi-sanksi, apa yang mau kita berikan? Yang bisa memberikan sanksi itu hanya presiden," kata dia.

Akan tetapi, ia memastikan rapat kerja dengan Menteri Agama untuk membahas evaluasi penyelenggaraan haji 2024 tidak bisa dilanjutkan lagi. 

Menurut Marwan, tidak ada waktu yang tersisa untuk meminta Menag Yaqut Cholil Qoumas memberi laporan pertanggungjawaban pelaksanaan ibadah Haji karena tanggal 30 September 2024 sudah tutup sidang.

"Tanggal 30 itu sudah pidato penutupan persidangan untuk periode ini tidak ada lagi sidang-sidang," pungkasnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: