Pengemis Bermodus Kaki Buntung Dirujuk Dinsos DKI ke Panti Sosial

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 27 September 2024 | 23:00 WIB
Momen Dinsos DKI Rujuk Pengemis bermodus kaki buntung ke Panti Sosial. (BeritaNasional/Doc. Dinsos DKI Jakarta)
Momen Dinsos DKI Rujuk Pengemis bermodus kaki buntung ke Panti Sosial. (BeritaNasional/Doc. Dinsos DKI Jakarta)

BeritaNasional.com -  Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta menangkap seorang pengemis yang berpura-pura memiliki kaki buntung pada Selasa (25/9/2024) lalu.

Mulanya, Satgas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinsos Jakarta Timur membantu salah satu pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) di depan rumah makan di kawasan Duren Sawit.

Ketika ditangkap, pengemis tersebut mengaku memiliki kaki buntung. Namun, setelah dilakukan asesmen oleh petugas, pengemis itu akhirnya mengakui bahwa hal tersebut hanya modus belaka.

“Setelah mengetahui hal itu, petugas langsung meminta pengemis tersebut untuk memperlihatkan kakinya, dan ternyata kakinya sehat, tidak buntung," kata Kepala Dinsos DKI Jakarta, Premi Lasari, dalam keterangannya, Jumat (27/9/2024).

Premi menjelaskan bahwa kaki pengemis tersebut dilipat di dalam celana yang dikenakan berlapis. Modus ini diketahui pengemis tersebut dari YouTube.

"Ia mengaku melakukan aksinya dengan meniru pengemis serupa dari sebuah channel di YouTube,” ujar Premi.

Berdasarkan Pergub Nomor 169 Tahun 2014 tentang Pola Penanganan PMKS, Petugas P3S kemudian menjangkau pengemis tersebut, membawanya untuk didata dan diberikan pembinaan dasar di Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur.

Saat ini, pengemis yang diketahui bernama Bowo Santoso (43) asal Surabaya sudah dirujuk ke Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur untuk diberikan layanan dan bimbingan sosial lebih lanjut.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: