Survei: Ridwan Kamil-Suswono Memimpin, Dharma-Kun di Posisi Terendah di Pilkada Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 27 September 2024 | 18:34 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei terkait Pilkada Jakarta dengan tajuk 'Peta Elektoral Pilkada Jakarta 2024: Pertarungan Para Mantan' pada Jumat (27/9/2024).

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, memaparkan bahwa elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono, berada di posisi puncak dengan angka 47,5 persen.

Selanjutnya, paslon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno, mendapatkan angka 31,5 persen, sedangkan paslon nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, berada di angka 5,1 persen.

"Dalam simulasi surat suara pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono memperoleh angka elektabilitas 47,5 persen, diikuti Pramono Anung-Rano Karno 31,5 persen, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana 5,1 persen," ujar Hanta dalam paparannya.

Meski demikian, angka ini belum cukup untuk membawa Ridwan Kamil-Suswono memenangkan Pilgub Jakarta. Pasalnya, mereka membutuhkan suara lebih dari 50 persen.

Perlu diketahui, survei ini dilakukan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Pengambilan data dilakukan pada 9-15 September 2024.

Total sampel dalam survei ini adalah 1.200 responden, dengan margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: