Dokter Sarankan Pasien Stroke Konsumsi Kacang-kacangan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 28 September 2024 | 05:00 WIB
Ilustrasi kacang-kacangan (Foto/Plantura)
Ilustrasi kacang-kacangan (Foto/Plantura)

BeritaNasional.com -  Dokter Spesialis Neurologi dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) dr Mahar Mardjono Beny Rilianto mengatakan, sebaiknya para pasien stroke untuk memakan kacang-kacangan karena mengandung antioksidan yang tinggi.

"Kacang-kacangan dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Kacang-kacangan bagus untuk pencegahan stroke," ujar Beny dikutip dari Antara.

Kadar antioksidan yang tinggi, kata Beny, bagus dikonsumsi untuk menghambat peradangan yang diakibatkan oleh penyakit stroke.

Selain kacang-kacangan, ia juga menyarankan buah-buahan serta sayur-mayur berwarna merah atau ungu seperti apel, anggur, kol ungu, dan bayam ungu, untuk dikonsumsi.

Namun ia meminta masyarakat untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi jenis buah-buahan tertentu seperti pisang, terlebih pada penderita diabetes. Sebab dikhawatirkan kadar gula darah meningkat.

Beny juga menganjurkan kepada pasien stroke untuk menghindari makanan-makanan berlemak tinggi seperti gorengan, serta makanan yang mengandung santan.

Kedua jenis makanan tersebut, kata dia, dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat sehingga risiko serangan stroke dapat meningkat.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: