Arteria Mundur dari DPR, Beri Kesempatan Romy sebagai Keluarga Besar Bung Karno

Oleh: Panji Septo R
Senin, 30 September 2024 | 12:37 WIB
Politikus PDIP Arteria Dahlan. (Foto/instagram @arteriadahlan)
Politikus PDIP Arteria Dahlan. (Foto/instagram @arteriadahlan)

BeritaNasional.com - Politikus PDIP Arteria Dahlan memutuskan untuk mundur dari posisinya sebagai anggota DPR yang semula menggantikan Sri Rahayu.

Arteria memberikan kesempatan kepada Romy Soekarno, cucu proklamator Bung Karno.

Arteria menjelaskan keputusannya mundur didorong oleh keinginan untuk menghormati dan membantu Romy sebagai bagian dari 'Royal Family'. 

Dia menyatakan keinginannya untuk membantu Romy mencapai cita-citanya sebagai anggota DPR RI.

"Saya menghargai Mas Romy, as a part of Royal Family. Beliau mendatangi saya, memohon agar saya bisa membantu mewujudkan cita-citanya. Itu hanya bisa diwujudkan kalau beliau duduk di DPR," ujar Arteria kepada wartawan, Senin (30/9/2024).

Ketika diminta bantuan oleh Romy, Arteria mengaku tidak mempermasalahkan hal itu dan langsung berinisiatif menandatangani surat pengunduran dirinya sebagai bentuk loyalitas kepada PDIP.

"Urusan dengan saya tidak masalah, saya akan tanda tangani surat pengunduran diri saya. Wong saya bisa duduk di DPR ini karena budi baik keluarga besar Bung Karno," tuturnya.

Menurut Arteria, melayani keluarga besar Bung Karno merupakan sebuah kehormatan. Arteria juga menceritakan bahwa dirinya sudah tiga kali bertemu dengan Romy untuk membahas kursi DPR.

"Suatu kehormatan melayani Mas, sebagai bagian dari Royal Family, keluarga besar Bung Karno. Kami bertemu tiga kali. Bukan karena alotnya pembicaraan, namun sebatas hal teknis," ungkapnya.

Arteria juga menegaskan tidak mempersoalkan kursi DPR karena dirinya sudah hampir 10 tahun diberi amanah oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk duduk di parlemen.

"Saya tidak ngoyo, toh saya sudah hampir sepuluh tahun di DPR, diberi penugasan oleh partai yang insya Allah telah saya jalankan dengan penuh kesungguhan, kekhidmatan, dan penghormatan," ucapnya.

Penandatanganan surat pengunduran diri Arteria dilakukan pada 27 September yang bertepatan dengan hari kelahiran ibunda Romy, Rachmawati Soekarnoputri.

"Semoga menjadi kado bagi Bu Rachma dan Mas Romy amanah dan mampu menjadi legislator yang baik," ucapnya.

Selain itu, Arteria menitipkan Dapil Jawa Timur, khususnya Tulungagung dan Blitar, kepada Romy. Menurut dia, daerah tersebut akan lebih maju di masa depan.

"Saya cuma nitip Dapil ke Mas Romy untuk menjaga Tulungagung dan khususnya Blitar sebagai bumi Bung Karno, pastinya nanti Blitar lebih hebat, karena dikawal langsung oleh putune (cucunya) Bung Karno," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: