PDIP: Puan Maharani Calon Tunggal Ketua DPR

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 30 September 2024 | 16:40 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat diwawancarai di gedung Parlemen, Jakarta. (Beritanasional/ahda)
Ketua DPR RI Puan Maharani saat diwawancarai di gedung Parlemen, Jakarta. (Beritanasional/ahda)

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan (PDIP) sudah memutuskan Puan Maharani sebagai ketua DPR pada periode 2024-2029. PDIP hanya memiliki nama tunggal sebagai calon ketua DPR selanjutnya.

"Insyaallah. Kalau dari PDI Perjuangan final calonnya Tunggal Ibu Puan Maharani," ujar Ketua DPP PDIP Said Abdullah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Sementara itu, nama wakil ketua MPR masih digodok. Sebelumnya, pimpinan MPR dari PDIP adalah Ahmad Basarah.

"Pimpinan MPR dari PDI perjuangan masih digodok," katanya.

Sebelumnya, PDI Perjuangan dipastikan mendapatkan kursi ketua DPR pada periode 2024-2024 karena menjadi pemenang pemilu legislatif.

"Kami sudah sama-sama tahu bahwa dalam periode ini tidak ada perubahan UU MD3 sehingga pimpinan DPR tentu mengacu pada UU MD3 yang masih berlaku saat ini," ujar Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Merujuk pada hasil Pileg 2019, secara berurutan, lima besar partai adalah PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, dan NasDem. Karena itu, lima partai ini masuk paket pimpinan DPR.

Dasco mengatakan nama-nama pimpinan DPR akan diusulkan masing-masing fraksi pada periode berikutnya.

"Ya, tentu kalau melihat UU MD3, paket pimpinan itu sudah diatur dengan ketentuan paket pimpinan pemenang satu, kedua, ketiga, keempat, dan kelima yang nanti diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan," ujar ketua harian DPP Gerindra ini.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: