5.614 Personel Gabungan Amankan Pelantikan DPR RI periode 2024-2029

Oleh: Bachtiarudin Alam
Selasa, 01 Oktober 2024 | 07:30 WIB
Ilustrasi pengucapan sumpah anggota DPR, DPD, dan MPR Periode 2024-2029
Ilustrasi pengucapan sumpah anggota DPR, DPD, dan MPR Periode 2024-2029

BeritaNasional.com -  Polda Metro Jaya mengimbau para pengendara yang berencana melewati kawasan Senayan, Jakarta Pusat, untuk mempertimbangkan rute alternatif menjelang pelantikan anggota DPR RI periode 2024-2029 yang akan berlangsung pada Selasa (1/10/2024).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, menyampaikan bahwa imbauan tersebut bertujuan untuk mengurangi potensi kemacetan lalu lintas, terutama di sekitar Gedung DPR RI.

“Kami menyarankan masyarakat yang akan melintasi area tersebut untuk mencari rute lain guna menghindari kepadatan lalu lintas,” ujar Ade Ary kepada awak media.

Meski demikian, Ade Ary menambahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah skema jika terjadi kemacetan di kawasan Senayan, dengan tetap menyesuaikan kondisi lalu lintas di lapangan.

“Tindakan di lapangan dan rekayasa lalu lintas akan dilakukan sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan, dan akan disesuaikan secara situasional,” jelasnya.

Selain penanganan lalu lintas, Ade Ary mengungkapkan bahwa sebanyak 5.614 personel gabungan akan diterjunkan untuk memastikan keamanan selama pelantikan anggota DPR RI.

“Personel yang dikerahkan terdiri dari anggota Polres Jakarta Pusat, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan berbagai pihak terkait dari Pemprov DKI,” ujarnya.

Hari ini, DPR, DPD, dan MPR RI dijadwalkan menggelar sidang paripurna untuk pelantikan anggota periode 2024-2029. Pada kesempatan tersebut, KPU RI akan mengumumkan anggota dewan termuda hingga tertua.

Selain prosesi pelantikan, anggota dewan terpilih juga akan mengucapkan sumpah/janji yang akan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA). Acara ini juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: