DPR Gelar Rapat Sore Ini untuk Bahas Penambahan Komisi

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 01 Oktober 2024 | 13:25 WIB
Ilustrasi gedung DPR. (Beritanasional/Elvis)
Ilustrasi gedung DPR. (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com -  Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Habiburokhman mengungkapkan bahwa Badan Musyawarah (Bamus) akan menggelar rapat untuk membahas kemungkinan penambahan komisi pada Selasa (1/10/2024) pukul 15.00 WIB.

Habiburokhman mengatakan bahwa penambahan komisi ini bisa terjadi jika jumlah kementerian di era Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bertambah.

"Termasuk juga, mungkin ya. Kalau kementeriannya bertambah, tentu komisi juga bertambah," kata Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu berujar bahwa penambahan komisi akan mempermudah kerja DPR. Mengingat, tiap komisi di DPR periode sebelumnya memiliki 9-11 mitra kerja, sehingga penjadwalan rapatnya sulit dilaksanakan.

"Kami ada mitra kami sekitar 9 sampai 11. Ada yang mitranya 14. Repot mengatur jadwal pertemuan, rapat-rapat bidang pengawasan, dan anggarannya," ujar Habiburokhman.

"Begitu juga dengan jumlah anggota komisi yang rata-rata 50 orang. Mengatur setiap anggota untuk berbicara dalam setiap rapat bisa memakan waktu hingga lima sampai enam jam. Ini sangat tidak efektif dan menyulitkan untuk melaksanakan tugas-tugas kami. Jadi usulan ini sudah sangat lama, penambahan mitra," sambungnya.

Secara terpisah, Ketua Sementara DPR Periode 2024-2029 Guntur Sasono menyatakan bahwa rapat Bamus ini akan memiliki berbagai agenda. Pertama, hal yang akan dibahas adalah rancangan jadwal acara rapat DPR RI.

Selanjutnya, membahas penetapan pembentukan fraksi-fraksi, tata cara penetapan calon ketua dan calon wakil ketua DPR, persiapan pengucapan sumpah janji pimpinan DPR, dan penyerahan kepemimpinan DPR dari pimpinan sementara kepada pimpinan terpilih.

"Rapat konsultasi antara pimpinan sementara DPR RI dengan pimpinan perwakilan partai politik masing-masing tiga orang akan dilaksanakan pukul 15.00 di ruang rapat Pansus B Gedung Nusantara II," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: