Korut Sebut Israel Bisa Membantai Orang Seenaknya karena Didukung AS

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 01 Oktober 2024 | 23:30 WIB
Israel terus memborbardir Gaza (Foto/UNRWA)
Israel terus memborbardir Gaza (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - Duta Besar Korea Utara untuk PBB Kim Song mengatakan, selama ini Israel kebal terhadap hukuman apa pun, meskipun telah membantai lebih dari 41.500 warga Palestina karena didukung Amerika Serikat (AS).

“Hampir tidak dapat dibayangkan bahwa satu negara (Israel) bisa kebal terhadap kebal hukum. Bahkan usai Israel melakukan pembantaian mengerikan,” ujarnya pada sidang ke-79 Majelis Umum PBB.

Kim menilai, impunitas Israel itu sepenuhnya adalah berkat dukungan AS. Apalagi AS jadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Kim juga menyampaikan duka mendalam kepada Palestina. Ia juga mengkritik AS yang memveto lima resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai perdamaian di Timur Tengah.

AS juga mengesampingkan keinginan masyarakat internasional untuk melihat pembersihan etnis dihentikan oleh sekutunya.

“Inilah cara AS mendiskreditkan otoritas PBB dan menghasut kejahatan terhadap kemanusiaan,” ujarnya dikutip dari Antara.

Kim mengingatkan, sejatinya PBB dibangun untuk mencegah terulangnya bencana perang. Namun faktanya PBB payah menghadapi Israel.

"Sangat hina dan menyedihkan bahwa tindakan melawan kemanusiaan seperti perang di Gaza telah berlangsung selama satu tahun," ujar Kim.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: