Pimpinan KPK Baru Harus Berani Melawan Koruptor

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 02 Oktober 2024 | 15:24 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (BeritaNasional/Panji Septo)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap pimpinan lembaga antirasuah periode selanjutnya menjadi nahkoda yang berani melawan gelombang koruptor di masa mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika, yang menyoroti panitia seleksi calon pimpinan dan calon dewan pengawas (cadewas) KPK yang telah menyerahkan kandidat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan DPR.

“Harapan KPK ini sama persis dengan harapan masyarakat Indonesia; kita semua menginginkan sosok-sosok nahkoda yang kredibel,” ujar Tessa di Gedung Merah Putih, Rabu (2/10/2024).

Menurutnya, membersihkan koruptor dari Indonesia bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, ia berharap pimpinan selanjutnya memiliki integritas untuk mengarungi gelombang tersebut.

“Yang memiliki integritas dan dapat membawa kapal lembaga ini mengarungi gelombang: gelombang perlawanan terhadap koruptor dan gelombang pemberantasan korupsi. Itu tidak mudah,” tuturnya.

Ia juga berharap Komisi III DPR memilih kandidat terbaik agar Indonesia bisa bersih dari rasuah. Tessa menyatakan KPK sangat berharap besar terhadap parlemen saat ini.

“Harapannya adalah setelah diserahkan nama-nama 10 orang ini, para wakil rakyat di Komisi III dapat memilih yang terbaik dari yang terbaik,” kata dia.

Selain itu, Tessa juga meminta masyarakat turut mengawasi dan memberikan masukan kepada Komisi III DPR agar dapat menemukan pimpinan KPK terbaik.

“Dari 10 orang ini, tugas kita sebagai masyarakat adalah memberikan masukan kepada wakil-wakil kita di Komisi III, dan kita doakan agar didapatkan pimpinan KPK berikutnya yang terbaik,” pungkasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: