Ridwan Kamil Terima Curhat Warga soal Condet Diincar 9 Naga, Begini Ceritanya

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 03 Oktober 2024 | 16:10 WIB
Cagub Jakarta Ridwan Kamil (dua dari kiri) saat diwawancarai bersama warga Condet, Jakarta Timur. (BeritaNasional/Lydia)
Cagub Jakarta Ridwan Kamil (dua dari kiri) saat diwawancarai bersama warga Condet, Jakarta Timur. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil menerima curhatan warga Condet di Padepokan Ciliwung Bang Lantur, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2024).

Dalam kesempatan itu, salah seorang warga bernama Iwan Anjung mengeluhkan soal kawasan Condet yang kini menjadi pusat bisnis. Hal ini terlihat dari banyaknya toko dan kuliner dari perusahaan besar yang dibangun di Condet.

Iwan menuturkan Condet seharusnya dikembangkan menjadi pusat budaya Betawi. Namun, pengembangan budaya di Condet sangat minim sekarang.

"Satu-satunya pertahanan Betawi, badan Betawi, cuma di Condet. Sekarang di Condet pihak yang berkepentingan lagi mohon-mohon Condet jadi kawasan bisnis," kata Iwan kepada Ridwan Kamil.

Bukan hanya itu, Iwan bahkan mengungkapkan bahwa Condet tengah diminati oleh sembilan pengusaha besar yang dijuluki 9 Naga.

"Kalau jadi kawasan bisnis di sini bisa ada spa, diskotek, apartemen, ini sudah diincar 9 naga wilayah Condet jadi kawasan bisnis," ujar Iwan.

Iwan menegaskan dirinya bakal menolak keras jika Condet difokuskan menjadi wilayah bisnis. Dia menyesalkan sikap Pemprov DKI yang terkesan membiarkan hilangnya citra Condet sebagai wilayah budaya itu.

"Kalau Condet jadi kawasan bisnis, saya tolak. tapi bukan berarti orang Condet nggak boleh dagang, tapi peruntukan. Jadi, Condet harus dibenahi. Saya butuh gubernur yang harus berani. Pak RK harus berani. Kalau nggak dibenahi, hancur cagar budaya Condet," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: