Tema Debat Perdana Pilgub Jakarta: Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta Jadi Kota Global

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 03 Oktober 2024 | 18:46 WIB
Para Cagub Jakarta siap berdebat (Beritanasional/Oke Atmaja)
Para Cagub Jakarta siap berdebat (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengumumkan, tema debat perdana Pilgub Jakarta adalah 'Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global'.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta Astri Megatari.

"Untuk tema debatnya sendiri itu adalah Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global," kata Astri kepada wartawan di Kantor KPU DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

Astri merinci, tema ini mencangkup soal ketahanan budaya, pembangunan sumber daya manusia, dan pemberdayaan perempuan, anak, dan kaum marjinal.

"Lalu juga bagaimana paslon ini menghadirkan visi misinya terkait bagaimana nanti ketika Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota tetapi arahnya adalah menjadi kota global begitu," tambah Astri.

Adapun debat sendiri akan dilaksanakan di JiExpo Kemayoran pada pukul 19.00 WIB. Debat ini akan digelar selama 150 menit hingga 21.30 WIB.

Secara total, akan ada enam segmen selama debat. Segmen pertama adalah pemaparan visi misi. Lalu, segmen kedua dan ketiga adalah menjawab pertanyaan dari panelis.

"Kemudian di segmen empat dan lima adalah tanya jawab antarpaslon. Lalu segmen enamnya adalah closing statement. Jadi kira-kira seperti itu pembagian segmennya," tandas Astri.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: