Ketika Jokowi Puji Prabowo soal Diplomasi Pertahanan: Utamakan Dialog Jalan Penyelesaian Konflik

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 21:38 WIB
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo saat menghadiri HUT TNI. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo saat menghadiri HUT TNI. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat melontarkan pujian ke Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat menghadiri HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

Jokowi secara khusus menyampaikan rasa terima kasih kepada Prabowo. Jokowi menilai Presiden Indonesia terpilih tersebut telah meningkatkan kekuatan pertahanan negara, salah satunya lewat diplomasi. 

"Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan, Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sekaligus sebagai presiden terpilih yang telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan," kata Jokowi.

"Modernisasi alutsista, mendorong industri pertahanan dalam negeri, memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global dan masih banyak lagi," sambungnya.

Terkait diplomasi pertahanan, Jokowi pun menyoroti konflik Timur Tengah yang bergulir hingga saat ini. Ia menekankan dialog adalah satu-satunya cara menyelesaikan konflik.

"Sebetulnya kalau semua negara melakukan pendekatan lunak, melalui dialog, bertemu, komunikasi baik, saya kira peristiwa di Palestina, di Gaza, di Lebanon, bisa kita hindari. Saya kira memang dialog adalah jalan satu satunya untuk menyelesaikan konflik," kata Jokowi usai memimpin upacara HUT ke-79 TNI.

"Harus diselesaikan di meja perundingan dan semua harus menahan diri untuk tidak memperbesar eskalasi yang ada," tegasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: