Wisata Pantai Terbaik di Indonesia, Ada 5 yang Wajib Dikunjungi

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 07 Oktober 2024 | 22:38 WIB
Ilustrasi Wisata pantai terbaik di Indonesia. (BeritaNasional/Freepik)
Ilustrasi Wisata pantai terbaik di Indonesia. (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Indonesia, sebagai negara kepulauan, menyimpan pesona pantai yang luar biasa dan beragam. Dari pasir putih yang lembut hingga air jernih yang memikat, setiap pantai menawarkan keindahan yang berbeda.

Bagi Anda yang mencari tempat berlibur yang menenangkan sekaligus menakjubkan, berikut adalah lima wisata pantai terbaik di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

Wisata Pantai Terbaik di Indonesia

1. Pantai Kuta, Bali

Terkenal di seluruh dunia, Pantai Kuta menawarkan pasir putih yang luas, ombak yang cocok untuk surfing, dan suasana yang hidup dengan banyak restoran, bar, dan toko. Sunset di Kuta juga sangat memukau. Pantai Kuta terletak di distrik Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia.

Sejak tahun 1970-an, tempat ini telah menjadi lokasi wisata populer di Pulau Bali dan menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia. Berbeda dengan Pantai Sanur, Pantai Kuta sering disebut sebagai pantai matahari terbenam.

2. Pantai Pink, Lombok

Pantai Tangsi berada di desa Sekaroh di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Pantai Pink di Pulau Lombok adalah salah satu dari tujuh pantai di dunia dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir berwarna pink yang unik dan air jernih, cocok untuk bersantai dan snorkeling.

3. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung, Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Namanya berasal dari kata "tanjung," yang berarti "semenanjung," dan "tinggi," yang berarti "pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi."

Salah satu tempat wisata di Pulau Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi. Berjarak sekitar 31 km dari Kota Tanjung Pandan dan tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, area pantai seluas 80 hektar berpasir putih ini dihiasi dengan banyak batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan di depan pantai.

Tempat wisata ini unik di Pulau Belitung karena ukuran granitnya yang bervariasi dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik, lebih besar dari struktur sebesar rumah.

4. Pantai Nihiwatu, Sumba

Resort Nihiwatu, sebuah resort bertaraf internasional, mengelola pantai ini secara eksklusif, dengan biaya yang cukup tinggi per malam. Namun, pantai ini tetap menjadi tempat yang bagus untuk menikmati matahari terbenam.

Kuda Sumba liar menambah daya tarik pantai ini, dan pengunjung dapat menunggangi kuda jinak mereka untuk berkeliling pantai. Selain itu, pantai yang eksotis ini memiliki ombak yang ideal untuk surfing dan keindahan alam yang masih sangat alami.

5. Pantai Sanur, Bali

Pantai Sanur terletak di sebelah timur Kota Denpasar, Bali. Pantai Sanur tidak cocok untuk selancar seperti Pantai Kuta karena ombaknya tenang.

Selain itu, ada tempat untuk menyelam dan snorkeling tidak jauh dari Pantai Sanur, lokasi selam ini tersedia untuk penyelam dari semua tingkat keahlian. Berbeda dengan Kuta, Sanur menawarkan suasana yang lebih tenang dengan pemandangan sunrise yang indah dan jalan setapak di tepi pantai.

 

Novita Dwiyanti/Magangsinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: