Aksi Heroik 2 Warga Blora Kibarkan Kaos Merah untuk Cegah Kecelakaan Kereta Api

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 08 Oktober 2024 | 12:17 WIB
Aksi Heroik 2 Warga Blora Kibarkan Kaos Merah untuk Cegah Kecelakaan Kereta Api. (Foto/X/@keretaapikita).
Aksi Heroik 2 Warga Blora Kibarkan Kaos Merah untuk Cegah Kecelakaan Kereta Api. (Foto/X/@keretaapikita).

BeritaNasional.com - Dua warga Desa Pengkoljagong, Blora yakni Jamin (62) dan Sarmo (66) melakukan aksi heroik untuk mencegah kecelakaan kereta api karena adanya rel putus di Km 57+1 antara Stasiun Doplang dan Randublatung, pada Minggu (6/10/2024). Aksi mereka pun mendapatkan pujian dari KAI Indonesia.

Sebagaimana menukil dari akun resmi X @keretaapikita, Selasa (8/10/2024), KA 132A Dharmawangsa Ekspress terhindar dari kecelakaan usai berkat aksi heroik kedua warga tersebut.

Mulanya, kejadian ini terjadi pada hari Minggu (6/10/2024) sekitar pukul 17.08 WIB. Saat itu  KA 132A Dharmawangsa Ekspress sedang melintas melihat isyarat dari Jamin dan Sarmo yang memberikan informasi adanya rel putus di Km 57+1 antara Stasiun Doplang dan Randublatung.

Dengan sigap, masinis menghentikan kereta dan melaporkan situasi kepada pusat pengendali dan stasiun terdekat. Tim Pemeliharaan Prasarana langsung dikerahkan ke lokasi untuk memeriksa kerusakan.

Setelah rel diperiksa, KA 132A berhasil melintasi area tersebut dengan kecepatan rendah (5 km/jam) sambil menunggu perbaikan selesai. Proses perbaikan rel selesai pukul 18.40 WIB.

Manager Humas KAI Daop 4, Franoto Wibowo, mengapresiasi kepedulian dua warga  tersebut. Ia pun memiliki rencana akan menemui secara langsung guna memberikan apresiasi.

"Keberanian dan kepedulian mereka mencegah potensi bahaya yang lebih besar. Terima kasih, Pak Jamin dan Pak Sarmo!," kata Franoto dikutip dari akun X @keretaapikita.

Dalam kesempatan itu, KAI mengajak semua pihak untuk dapat menjaga keselamatan bersama di sekitar jalur kereta.

"Yuk jaga keselamatan bersama di sekitar jalur kereta," tulisnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: