Gerindra Sebut Pertemuan Jokowi-Prabowo Bahas Transisi hingga Kabinet

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 09 Oktober 2024 | 12:04 WIB
Presiden Jokowi saat makan malam dengan Prabowo Subianto. (Foto/instagram/Jokowi).
Presiden Jokowi saat makan malam dengan Prabowo Subianto. (Foto/instagram/Jokowi).

BeritaNasional.com - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto di Plataran Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024) malam, ada pembahasan menteri di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang. Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, secara umum ada satu dua hal mengenai kabinet dibicarakan.

"Saya belum tahu persis isi pembicaraannya mengenai kabinet atau enggak tapi biasanya secara umum umum mungkin ada satu dua disampaikan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Dasco belum tahu detail pembicaraan antara Prabowo dan Jokowi tadi malam. Ia mengaku akan berencana bertemu Prabowo siang ini, salah satunya untuk menanyakan isi pertemuan dengan Jokowi.

"Saya juga belum tahu responnya bagaimana. Karena saya juga belum ketemu dari semalam. Baru nanti siang saya rencana ketemu," kata wakil ketua DPR ini.

Menurut Dasco pertemuan Prabowo dan Jokowi adalah hal yang biasa. Ia yakin keduanya juga membahas transisi pemerintahan ke depan.

"Dan pembicaraan pembicaraan saya tidak tahu persis secara rinci apa karena 2 jam lebih. Tapi paling tidak saling tukar menukar informasi dan bicarakan soal transisi yang sebentar lagi ada estafet kepemimpinan di tanggal 20 Oktober," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo makan malam bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto di Plataran, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). Pertemuan itu diunggah oleh Jokowi melalui akun instagramnya.

Jokowi dan Prabowo satu meja makan malam bersama. Keduanya terlihat berbincang santai dan akrab.

"Diskusi santai sambil santap malam bersama presiden terpilih Pak @prabowo. Tidak terasa dua jam lebih," ujar Jokowi.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Jokowi menjalin komunikasi yang erat dan intens dengan Prabowo. Tidak hanya dalam forum formal, tetapi juga informal seperti makan malam di Plataran ini.

"Presiden Jokowi selalu menjalin komunikasi yang erat dan intens dengan Presiden Terpilih di setiap kesempatan, baik dalam forum-forum formal maupun pertemuan informal," kata Ari kepada wartawan.

Kebersamaan Jokowi dan Prabowo ini untuk memastikan proses transisi pemerintahan berjalan baik dan lancar.

"Kebersamaan antar dua pemimpin bangsa ini sangat diperlukan untuk memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar," kata Ari.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: