Sejarah Brimob Polri Terima Anugerah Sakanti Yana Utama dari Presiden Soekarno, Begini Kisahnya

Oleh: Bachtiarudin Alam
Kamis, 10 Oktober 2024 | 11:40 WIB
Monumen Nugraha Cakanti Yana Utama di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok (Foto/Dok Divisi Humas Polri)
Monumen Nugraha Cakanti Yana Utama di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok (Foto/Dok Divisi Humas Polri)

BeritaNasional.com - Sejarah perjuangan Brigade Mobil (Brimob) Polri telah menjadi kebanggaan. Bukan hanya Polri, melainkan juga masyarakat Indonesia pada umumnya. 

Sepak terjangnya tidak pernah absen dalam perjuangan bersenjata rakyat Indonesia.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan kebangaan itu tecermin dalam Monumen Nugraha Cakanti Yana Utama yang diresmikan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, pada 13 November 2021.

"Monumen Nugraha Sakanti Yana Utama merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Presiden Pertama Soekarno pada 14 November 1961,” kata Trunoyudo dalam keteranganya pada Kamis (10/10/2024).

Anugerah Sakanti Yana Utama dari Presiden Republik Indonesia Pertama Soekarno pada 14 November 1961 diberikan sebagai perjuangan Brimob Polri yang menentang dan melawan penjajah dan kekuasaan bangsa asing kala itu, 

Satya Lencana Sakanti Yana Utama tersebut mengandung nilai-nilai spiritual yang merupakan kebanggaan dan pengungkit untuk membangkitkan daya juang serta pengabdian Brigade Mobil Polri terhadap negara dan bangsa Indonesia.

“Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden RI Tahun 1961 No. 591/61, Korps Brigade Mobil ditetapkan sebagai kesatuan/angkatan yang pada pertama kalinya mendapatkan anugerah dari negara atau penghargaan dari pemerintah,” jelas Trunoyudo.

Presiden RI saat itu secara resmi mengubah nama Mobile Brigade menjadi Brigade Mobil atau yang lebih dikenal dengan Korps Brimob Polri, kemudian Berdasarkan surat order Y.M. Menteri Kepala Kepolisian Negara No. Pol. 23/61/ tanggal 12 Agustus 1961, telah ditetapkan bahwa 14 November 1961 merupakan Hari Jadi Korps Brigade Mobil ke-16.

Anugerah tersebut sebagai pendorong semangat yang luar biasa nilainya dan sepanjang sejarah akan ditulis dengan tinta emas dalam sejarah Bangsa Indonesia. Sebagai anugerah dan penghargaan tertinggi yang pertama dalam sejarah Kepolisian Republik Indonesia.

Selanjutnya pada momentum Hari Ulang Tahun Brigade Mobil Ke-16, Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno selaku Inspektur Upacara menganugerahkan Pataka ‘Nugraha Sakanti Yana Utama’ kepada Korps Brimob

“Sebagai bentuk penghargaan pemerintah atas pengabdian dan kesetiaan Brigade Mobil pada kala itu,” tuturnya.

Penghargaan dari pemerintah tersebut berdasarkan pertimbangan bahwa Korps Brigade Mobil dalam kurun waktu 15 tahun sejak berdirinya 14 November 1945 telah menunjukkan darma baktinya, kesungguhan, dan kemampuannya. 

“Tanggung jawab yang dibebankan kepadanya dalam mengemban tugas-tugas kepolisian negara telah dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan selalu siap siaga penuh kewaspadaan,” kata Trunoyudo.

“Sehingga Brigade Mobile dapat menjadikan dirinya kesatuan terpercaya pemerintah dan dapat dijadikan teladan,” tambahnya.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: