Klopp Mendadak Gabung Red Bull: Ada Kesepakatan Rahasia yang Baru Terungkap Sejak 2022

Oleh: Imantoko Kurniadi
Jumat, 11 Oktober 2024 | 00:46 WIB
Jurgen Klopp pilih Red Bull untuk karier selanjutnya setelah tinggalkan Liverpool. (BeritaNasional/Instagram Klopp)
Jurgen Klopp pilih Red Bull untuk karier selanjutnya setelah tinggalkan Liverpool. (BeritaNasional/Instagram Klopp)

BeritaNasional.com -  Jurgen Klopp dilaporkan telah menyetujui posisinya sebagai Head of Global Football di Red Bull sejak 2022, saat kontraknya dengan Liverpool masih tersisa hampir dua tahun.

Klopp resmi meninggalkan Liverpool ketika kontraknya di Anfield berakhir pada akhir musim lalu, dan perannya di Red Bull akan dimulai pada Januari 2025. Pengumuman ini dirilis Minggu ini, yang memicu berbagai reaksi karena Klopp sebelumnya menyatakan bahwa ia butuh istirahat dari dunia sepak bola.

Awalnya, Klopp diperkirakan akan mengambil cuti selama setahun, mirip dengan langkah Pep Guardiola pada 2012 setelah meninggalkan Barcelona. Namun, kenyataannya, Klopp hanya absen selama empat bulan setelah meninggalkan Liverpool.

"Beberapa bulan lalu, saya mengatakan bahwa saya tidak melihat diri saya di pinggir lapangan lagi, dan itu masih berlaku. Tetapi saya tetap mencintai sepak bola dan pekerjaan ini, dan Red Bull memberikan saya platform yang sempurna untuk itu," ungkap Klopp.

Menurut laporan dari publikasi Jerman TZ, Klopp diundang ke sebuah pertemuan rahasia di Salzburg bersama pendiri Red Bull, Dietrich Mateschitz, yang pada saat itu tengah sakit parah.

Mateschitz, yang meninggal beberapa Minggu kemudian pada usia 78 tahun, diyakini berhasil meyakinkan Klopp untuk bergabung dengan Red Bull pada 2025.

Helmut Marko, direktur Formula 1 Red Bull, mengatakan kepada TZ, "Luar biasa bagaimana kesepakatan sebesar ini bisa tetap menjadi rahasia begitu lama. Ini tidak akan mungkin terjadi di Formula 1," ucapnya.

Sebelumnya, Klopp sempat diminati oleh Federasi Sepak Bola Amerika Serikat untuk mengisi posisi pelatih tim nasional, yang akhirnya diberikan kepada Mauricio Pochettino. Klopp juga dikaitkan dengan posisi pelatih timnas Inggris setelah Gareth Southgate mundur.

Meski begitu, Klopp menegaskan bahwa dia belum berpikir untuk kembali ke pekerjaan baru, bahkan ketika spekulasi tentang dirinya menjadi pelatih timnas Jerman bermunculan sang juru taktik ramah senyum itu tampak ogah membahasnya.

"Saya tidak ingin berbicara tentang sepak bola sekarang karena tidak ada yang perlu dikatakan," ujarnya.

Namun, tampaknya keputusan Klopp untuk bergabung dengan Red Bull sudah dibuat jauh sebelum ini, tanpa banyak yang mengetahui.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: