Bahrain vs Indonesia, STY Geram Wasit Ahmed Al Kaf Buat Keputusan Kontroversi

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 11 Oktober 2024 | 06:54 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto/PSSI).
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong merasa geram atas keputusan wasit Ahmed Al Kaf saat laga Bahrain vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Kamis (10/10/2024) waktu setempat ini, pertandingan Bahrain vs Indonesia berakhir imbang 2-2. 

“Kedua tim melakukan yang terbaik sampai wasit meniupkan peluit panjang. Akan tetapi, saya harus memastikan kembali terkait dengan keputusan-keputusan wasit di pertandingan tadi. Bila AFC ingin semakin maju, maka keputusan dan kepemimpinan wasit juga perlu diperbaiki,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (11/10/2024).

Seperti diketahui, Timnas Indonesia sempat unggul 2-1 hingga di penghujung pertandingan. Akan tetapi tuan rumah justru mampu membuat gol penyama kedudukan di menit 90+9 melalui sepakan Mohamed Marhoon.

Kontroversi ini dimulai ketika pertandingan memasuki menit ke-90, perangkat pertandingan mengangkat papan petunjuk bertuliskan angka enam pertanda injury time bakal berlangsung selama enam menit. 

Saat itu Timnas Indonesia sedang unggul 2-1. Di masa injury time, tidak banyak momen yang mengharuskan wasit Ahmed Al Kaf menghentikan pertandingan. Hanya ada beberapa pelanggaran yang tidak membuat pertandingan terhenti dalam waktu lama.

Namun ketika pertandingan sudah memasuki menit keenam masa injury time, wasit Ahmed Abu Bakar Al Kaf tidak juga meniup peluit. Pertandingan terus berjalan bahkan ketika laga sudah memasuki menit kesembilan masa injury time.

Saat itu Bahrain mendapatkan peluang melalui sepak pojok. Dalam skema sepak pojok itu, Marhoon bisa menyambar bola dan melesatkan si kulit bundar ke gawang. Skor berubah jadi 2-2 di menit kesembilan masa injury time.

“Soal tambahan waktu, yang seharusnya enam menit namun menjadi lebih dari sembilan menit. Lalu, keputusan-keputusan wasit yang menurut saya bias. Saya rasa semua orang bisa memahami kenapa para pemain kami kesal dengan keputusan-keputusan tersebut,” tutur STY.

Pemain-pemain Timnas Indonesia sempat melontarkan protes. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong marah kepada wasit cadangan. Di sisi lain, Manajer Timnas Indonesia Sumardji diganjar kartu merah wasit gara-gara dianggap melakukan protes berlebihan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: