Konami dan FIFA Sepakat Berkolaborasi Majukan Dunia E-Sports

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 11 Oktober 2024 | 12:00 WIB
Konami dan FIFA berkolaborasi. (Foto/tangkapan layar laman FIFA)
Konami dan FIFA berkolaborasi. (Foto/tangkapan layar laman FIFA)

BeritaNasional.com - Konami Digital Entertainment dan FIFA resmi berkolaborasi memajukan dunia e-sports.

Dilansir dari media teknologi Inggris mynewsdesk pada Kamis (10/10/2024), dua Piala Dunia FIFAe™ menampilkan eFootball™ yang dijadwalkan berlangsung akhir tahun ini di perangkat seluler dan konsol.

Kolaborasi ini bertujuan lebih meningkatkan kegembiraan komunitas sepak bola global melalui esports. 

Dengan memungkinkan para pemain untuk mewakili negara mereka melalui kompetisi khusus, inisiatif ini akan membawa hubungan dengan komunitas ke tingkat yang baru.

Kualifikasi FIFAe World Cup™ akan dimulai di seluruh dunia pada Kamis, 10 Oktober. 

Untuk melibatkan seluruh komunitas, dua kompetisi akan diadakan, satu di konsol dan satu lainnya di ponsel, yang masing-masing akan menentukan Juara Dunia FIFAe. Informasi selengkapnya tersedia di FIFA.GG dan di situs web Konami .

Pada tahun perdana kolaborasi ini, 18 negara telah diundang untuk mewakili negara-negara di acara final. 

Negara-negara dipilih berdasarkan berbagai faktor seperti jumlah pemain dan penampilan sebelumnya dari para pesaing dari masing-masing negara. 

Semua orang yang memainkan eFootball™ dipersilakan untuk berpartisipasi. Jadi, harap perbarui versi game ke versi terbaru dan tantang dunia untuk pertandingan global yang seru.

Asosiasi anggota yang berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFAe™ perdana yang menampilkan eFootball™ di perangkat seluler dan konsol adalah:

Argentina

Brasil

Kosta Rika

Inggris

Prancis

India

Indonesia

Jepang

Korea Selatan

Malaysia

Maroko

Belanda

Polandia

Portugal

Arab Saudi

Spanyol

Thailand

Turki

Koji Kobayashi, Pejabat Eksekutif Senior Konami, mengatakan pihaknya senang atas kerja sama yang terjalin dengan FIFA.

“Kami sangat senang dapat berkontribusi dalam promosi eFootball™ dalam dimensi baru melalui kolaborasi dengan FIFAe ini. Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada FIFA karena telah memberi kami kesempatan ini,’’ ucapnya.

Koji berharap para player antusias menyambut kolaborasi Konami dan FIFA ini dengan kegembiraan dan keceriaan lewat kompetisi yang diadakan.

‘’Kami tidak sabar menunggu dimulainya Piala Dunia FIFAe™. Kami berharap dapat berbagi antusiasme, kegembiraan, dan keceriaan para pemain kami di seluruh dunia melalui Piala Dunia FIFAe™,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Bisnis di FIFA Romy Gai mengatakan kolaborasi ini sejakan dengan misi mempromosikan sepak bola secara global.

“Kolaborasi ini sejalan dengan misi kami untuk mempromosikan sepak bola secara global dan menyediakan wadah bagi para pemain untuk menunjukkan keterampilan mereka,” tuturnya.

Berikut adalah testimoni dari perwakilan asosiasi sepak bola yang berpartisipasi dalam eFootball 

Komentar dari perwakilan Asosiasi Sepak Bola Jepang

“eFootball™ telah dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia selama bertahun-tahun, dan juga telah memperoleh pengikut yang kuat di Jepang, sehingga menjadikannya sebagai platform penting bagi keluarga sepak bola. "FIFAe World Cup™" yang baru diluncurkan yang menampilkan "eFootball™" akan menjadi puncak impian para pemain e-football. JFA akan mengadakan turnamen seleksi untuk menentukan pemain Jepang yang akan berlaga di "FIFAe World Cup™" dan akan mendukung para pemain tim nasional e-football Jepang agar mereka dapat mencapai puncak dunia, seperti tim nasional Jepang lainnya,” kata Miyamoto Tsuneyasu, Presiden Asosiasi Sepak Bola Jepang.

Komentar dari perwakilan Asosiasi Sepak Bola Argentina

“eFootball™ yang merayakan ulang tahun ke-30 adalah permainan yang sangat populer di negara kami dan telah menjadi salah satu alat komunikasi terbaik bagi para penggemar sepak bola. Berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFAe™ baru yang menampilkan eFootball™ akan menjadi tujuan utama bagi semua pemain eFootball™ di negara kami. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mendukung Piala Dunia FIFAe™ ini agar dapat melahirkan Juara Dunia FIFAe dari negara kami,” kata Leandro Petersen, Kepala Komersial & Pemasaran, Asociación del Fútbol Argentino

Komentar dari perwakilan Federasi Sepak Bola Prancis

‘’Kami bangga mengumumkan partisipasi Prancis dalam Piala Dunia FIFAe™ yang menampilkan eFootball™. Kompetisi unik ini, yang diselenggarakan di konsol dan perangkat seluler, akan memungkinkan kami untuk mempromosikan FFF dan tim nasional Prancis dalam lingkungan esports yang berkembang pesat. Dalam hal ini, FFF senang dengan momentum yang diprakarsai oleh KONAMI dan FIFAe untuk mengembangkan kompetisi internasional di eFootball™,” ucap Francois Vasseur, Direktur Pemasaran, Fédération Française de Footballsinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: