DPR Dorong Industri Hijau Jadi Prioritas Program Pemerintah Baru

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Jumat, 11 Oktober 2024 | 10:04 WIB
(Meitri Citra Wardani/Humas PKS BeritaNasional)
(Meitri Citra Wardani/Humas PKS BeritaNasional)

BeritaNasional.com -  Industri hijau perlu menjadi kebijakan prioritas bagi pemerintahan mendatang. Hal ini menjadi aspek penting untuk menciptakan pembangunan ekonomi berkelanjutan yang tercermin dari pengurangan dampak terhadap lingkungan serta pemanfaatan sumber daya yang lebih efisien.

“Green industry merupakan kebutuhan mendesak di tengah ancaman perubahan iklim dan kerusakan lingkungan. Transformasi industri perlu berjalan ke arah yang lebih ramah lingkungan, yakni dengan konsisten mendorong pengurangan emisi karbon, penggunaan energi terbarukan, serta penanganan limbah yang ramah lingkungan,” jelas anggota DPR Meitri Citra Wardani, Jumat (11/10/2024). 

Anggota DPR Dapil Jatim VIII ini mengatakan, inisiatif baik pemerintah untuk mewujudkan industri hijau sejauh ini layak mendapat apresiasi. Lewat Kementerian Perindustrian misalnya, pemerintah telah meluncurkan Program Penilaian Industri Hijau yang memberikan sertifikasi kepada perusahaan yang memenuhi standar keberlanjutan.

“Sejalan dengan itu, pemerintah juga memberikan insentif kepada perusahaan yang mengadopsi teknologi ramah lingkungan lewat kebijakan fiskal, seperti pengurangan pajak dan kemudahan investasi,” jelasnya.

Meitri berharap kebijakan industri hijau dapat terus dikembangkan oleh pemerintahan mendatang sehingga mendorong lebih banyak perusahaan untuk beralih ke praktik industri hijau.

“Seiring dengan meningkatnya kesadaran global terhadap isu lingkungan, saya melihat prospek perkembangan industri hijau di Indonesia cukup menjanjikan. Selain dapat meningkatkan kesejahteraan lingkungan, industri hijau juga berpotensi memperkuat daya saing ekonomi nasional di tingkat global"

Dengan demikian target pemerintah yang telah mencanangkan lebih dari 60% industri di Indonesia mengadopsi teknologi hijau dalam operasionalnya pada  2030, menjadi sesuatu yang tidak mustahil sepanjang dijalankan secara serius, konsisten, dan kolaboratif. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: