Polri Ungkap Ada 7 Buronan Indonesia di China, tapi Tak Kunjung Ditangkap

Oleh: Bachtiarudin Alam
Jumat, 11 Oktober 2024 | 10:30 WIB
Ilustrasi buronan. (Foto/freepik).
Ilustrasi buronan. (Foto/freepik).

BeritaNasional.com - Penangkapan seorang buronan asal Republik Rakyat Tiongkok atau China, Lin Qiang (LQ) alias Joe Lin (JL) oleh pihak Imigrasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali telah menjadi daya tawar kerja sama.

Hal ini diakui Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti sebagai bentuk komitmen Indonesia membantu China, ketika memiliki sebuah buronan yang kabur ke Indonesia.

“Kita sudah banyak membantu China banyak sekali, Ditjen imigrasi paham betul peristiwa Batam Pontianak begitu pak termasuk ini,” kata Krishna saat jumpa pers, dikutip Jumat (11/10/2024).

Krishna pun sempat menyinggung soal tujuh buronan Indonesia yang ada di China, namun sampai saat ini belum berhasil ditangkap. 

“Tapi kita punya buronan kita tujuh, red notice kita di tujuh, padahal kita sudah kasih tau tempatnya. Tapi belum ditangkap juga sama dia,” kata Krishna.

Kendati demikian, Jenderal Bintang Dua Polri itu enggan menjelaskan penyebab dari tujuh buronan yang belum berhasil ditangkap. Dia hanya berujar kalau itu semua masih berproses.

“Yaa pertanyaan nya bagus sekali, kira-kira jawabannya sudah tau,” ujarnya.

Krishna pun sempat mencontohkan beberapa proses yang harus dilalui ketika ingin memulangkan seorang buronan Indonesia yang kabur ke luar negeri. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: