Peneliti Ungkap Susu Ikan sebagai Alternatif Sumber Protein Masyarakat

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 11 Oktober 2024 | 16:00 WIB
Ilustrasi susu ikan. (Foto/freepik)
Ilustrasi susu ikan. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com - Akhir-akhir ini, susu ikan menjadi sorotan masyarakat karena diperkirakan menjadi bagian dari program makan bergizi dan susu gratis yang digagas pemerintah di periode selanjutnya.

Para peneliti akhirnya buka suara soal kebermanfaatan dan khasiat susu ikan jika dikonsumsi, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Salah satunya, peneliti dari Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Ekowati Chasanah.

Menurut dia, susu ikan adalah hidrolisat protein ikan (HPI) yang dapat larut dalam air. Teknologi ini dihilirkan pada 2022 melalui pendirian miniplan HPI di Indramayu oleh PT Berikan Teknologi yang kemudian mengembangkan produk susu ikan berbasis HPI.

Ekowati mengatakan susu ikan tersebut bukanlah susu yang berasal dari kelenjar susu ikan, melainkan hasil pemecahan protein ikan menjadi bentuk yang larut dalam air.

"Susu ikan ini merupakan produk hasil pengembangan melalui proses hidrolisis enzimatis yang memecah protein ikan menjadi protein pendek atau peptida serta asam amino bebas, kemudian diformulasikan sehingga menyerupai susu," jelasnya yang dikutip dari laman BRIN pada Kamis (10/10/2024).

Ekowati mengatakan produk itu dapat menjadi alternatif sumber protein bagi masyarakat, terutama anak-anak yang intoleran terhadap laktosa.

Produk hidrolisat yang saat ini dikenal sebagai susu ikan memiliki berbagai keunggulan. Kandungan proteinnya berkualitas tinggi dengan asam amino esensial yang lengkap, dan protein pendek (peptide) yang mudah diserap oleh tubuh. 

Produk ini sangat bermanfaat untuk anak-anak dan orang yang sedang dalam masa pemulihan dan membutuhkan asupan protein yang tinggi.

"Kolaborasi penelitian bersama mitra dari Gizi Kedokteran Undip menggunakan model hewan (tikus) menunjukkan bahwa pemberian HPI dapat mengaktifkan hormon pertumbuhan dan secara signifikan meningkatkan panjang tubuh tikus tersebut," tambahnya.

Ekowati meyakini produk ini tetap memiliki beberapa keunggulan meski kandungan kalsiumnya tidak setinggi susu sapi.

Selain bahan bakunya bisa didapatkan secara lokal, susu ikan menjadi sumber protein yang sangat baik, mengandung asam amino esensial lengkap, mudah diserap, dan bersifat  fungsional dengan adanya peptida aktif didalamnya. 

"Susu ikan atau hidrolisat ini bisa menjadi alternatif susu sapi dan minuman lain seperti susu kambing, susu unta, atau (susu) minuman kedelai. Produk hidrolisat, yang disebut sebagai susu ikan, memiliki kelebihan seperti protein pendek (peptida aktif), rendah alergen, serta dapat mengaktifkan hormon pertumbuhan," paparnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: