Kemenkominfo Dorong Industri Game Jadi Kekuatan Ekonomi

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 13 Oktober 2024 | 15:30 WIB
Ilustrasi main game (Foto/Freepik)
Ilustrasi main game (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong industri game menjadi salah satu kekuatan ekonomi Indonesia melalui penguasaan pasar Asia Tenggara.
 
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Hokky Situngkir mengatakan, Indonesia telah menjadi salah satu pasar game terbesar di Asia Tenggara, dan Indonesia baru saja mulai memanfaatkan potensinya secara penuh.
 
Pada tahun 2023, industri game di Indonesia menghasilkan pendapatan lebih dari 1,6 miliar dolar AS. Angka tersebut sebuah sinyal yang jelas bahwa sektor ini merupakan pusat kekuatan.
 
Menurut keterangan Hokky, dari 55,6 persen penduduk Indonesia yang bermain game lebih dari 35 juta adalah gamer online aktif, yang menunjukkan betapa terintegrasinya gim dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.
 
"Dengan pasar eSports yang diperkirakan mencapai 1 miliar dolar AS, Indonesia siap untuk memimpin dan bersaing di panggung global," katanya dikutip dari Antara.
 
Salah satu usaha untuk memperkuat ekosistem eSport tersebut adalah melalui ajang Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, 10-12 Oktober 2024.
 
"Di sini kita bertemu mulai dari gamers, developer, artis, investornya dan pemerintah juga serta toko-toko masyarakat Bali juga," katanya.
 
IGDX Developer Conference 2024 bertujuan untuk memperkuat kolaborasi, memperdalam pengetahuan dan membuka peluang baru bagi para pelaku industri gim di Indonesia. Tercatat lebih dari 1.600 pertemuan bisnis dalam forum tahunan tersebut.

Bersama Kementerian lain, Kemenkominfo membentuk ekosistem game yang dimulai dari penguatan talenta muda, peningkatan kapasitas studio pengembang game, penyiapan informasi karir di industri game, hingga dengan penyediaan pusat pertemuan bisnis industri game berskala internasional seperti IGDX.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: