Blusukan di Koja Ridwan Kamil Ikut Kondangan

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 14 Oktober 2024 | 08:01 WIB
Ridwan Kamil Blusukan (Istimewa/Tim RK)
Ridwan Kamil Blusukan (Istimewa/Tim RK)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) blusukan di Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara pada Minggu (13/10/2024) kemarin sore.

Dalam kesempatan itu, terjadi momen lucu yang dilakukan mantan gubernur Jawa Barat itu. Tidak hanya menyapa warga, ia juga ikut kondangan di pernikahan salah satu warga Lia dan Firman. 

Sebagai pengantin, Lia dan Firman sama sekali tidak tahu bahwa Ridwan Kamil bakal kondangan ke resepsi yang mereka selenggarakan di halaman Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara.

Firman mengaku kaget karena seorang calon gubernur bersedia datang ke acara itu. Dia mengaku senang karena sejak lama sudah sering melihat unggahan-unggahan Ridwan Kamil di media sosial. 

"Perasaan saya campur aduk, deg-degan, bingung mau ngapain. Terima kasih banyak Pak Ridwan Kamil sudah mampir ke acara saya dan keluarga. Saya memang sering lihat di YouTube, memang orangnya berbaur sama masyarakat, dia berbaur dan kadang suka kunjungan. Makanya saya kayak mimpi didatangi dia, orang saya nggak tahu, baru ini juga saya didatangi oleh orang besar,” ungkap Firman. 

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua RT 001, RW 01 Heri Hendriatmoko. Dia mengatakan Ridwan Kamil blusukan ke daerah tempat tinggalnya secara mendadak. Oleh karena itu, warga tidak menyiapkan apapun. 

Namun, dia lega lantaran RK bersedia duduk bersama di Poskamling untuk mendengar curhat dari warga setempat. Mereka satu suara menyampaikan soal sertifikat tanah. 

"Kebetulan di RT 001, RW 04, Tugu Selatan sampai saat ini belum bisa disertifikatkan karena terkendala status tanah yang katanya masih dimiliki oleh Setneg. Tapi kenyataannya ada sebagian yang bisa dijadikan sertifikat. Kami sebagai masyarakat kecil iri, kenapa mereka bisa kami nggak? Mudah-mudahan Pak Ridwan jadi gubernur, bisa membantu kami menyelesaikan sertifikat tanah ini,” ungkap Heri. 

Meski blusukan Ridwan Kamil di Tugu Selatan dilakukan secara mendadak, Heri melihat RK punya kepedulian tinggi terhadap masyarakat kecil. Sebab, tidak hanya meluangkan waktu untuk bicara, Ridwan Kamil tidak segan-segan singgah di rumah warga yang kondisinya sudah memprihatinkan. 

Menanggapi itu, RK menegaskan bahwa aspirasi masalah sertifikat tanah menjadi catatannya dan akan dia bantu mencari solusinya.

”Curhatan utamanya adalah urusan sertifikasi tanah, ini menjadi catatan. Jika saya menjadi gubernur, saya akan cari jalan untuk memperjuangkan apa yang menjadi harapan rakyat, dengan koridor-koridor hukum yang tentunya harus kita cari solusinya," ucap RK.

"Mudah-mudahan nanti dengan mediasi dari gubernur, harapan masyarakat di sini bisa dipenuhi tanpa ada hal-hal yang sifatnya negatif kira-kira begitu,” tambahnya.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: