Persoalan Gizi Masih Jadi Masalah di Indonesia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 14 Oktober 2024 | 23:30 WIB
Soal gizi masih jadi masalah di Indoenesia (Foto/Insane good recipes)
Soal gizi masih jadi masalah di Indoenesia (Foto/Insane good recipes)

BeritaNasional.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, persoalan gizi termasuk salah satu masalah atau penyakit besar di Indonesia. Selain sejumlah penyakit lainnya.

"Salah satu masalah atau penyakit paling besar di Indonesia itu bukan hanya stroke, jantung, dan kanker, tapi gizi," kata Budi.

Menurutnya, masalah kebanyakan gizi biasanya dialami para orang tua, dilihat dari perutnya yang membuncit. Sedangkan kondisi kekurangan gizi dialami balita (bayi bawah lima tahun), juga ibu-ibu.

"Kekurangan atau kebanyakan gizi ini bukan dari jumlahnya, tapi juga dari ragamnya. Itu sebabnya pada saat menyajikan makanan itu jumlahnya harus pas, ragamnya harus pas," kata Budi.

Budi mengatakan, jumlah gizi yang harus pas dan juga ragam gizi harus pas untuk anak anak, balita, dan ibu hamil tersebut beda dengan ragam jumlah yang harus pas dengan orang tua. Hal itu karena ada takarannya masing masing.

"Itu sebabnya harus dibuat rumah produksi pangan yang mengetahui cara membuat makanan gizi yang jumlah dan ragamnya pas untuk kelompok umur tertentu," katanya dikutip dari Antara.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: