Mabes TNI Gelar Operasi Khusus Pengamanan VVIP saat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Oleh: Bachtiarudin Alam
Selasa, 15 Oktober 2024 | 07:33 WIB
Sejumlah prajurit TNI. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Sejumlah prajurit TNI. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Mabes TNI tengah bersiap melakukan operasi khusus pengamanan VVIP dalam rangka pelantikan Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Hariyanto menyampaikan operasi ini akan digelar mulai 16 Oktober - 23 Oktober. Guna, memastikan acara pelantikan di Gedung DPR/MPR RI pada Minggu (20/10) berjalan lancar.

“TNI akan menggelar operasi pengamanan VVIP dalam rangka pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI,” kata Hariyanto dalam keteranganya, Selasa (15/10/2024).

Adapun persiapan akan meliputi kesiapan personel dan materiil serta pembagian tugas dengan urutan yang dilaksanakan yaitu gelar personel di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

“Melaksanakan TFG (Tactical Floor Game), galadi rangkaian baik untuk pejabat dan tamu undangan negara asing. Pengamanan jalannya sidang paripurna MPR RI, sampai dengan acara selesai keseluruhan,” jelasnya.

Adapun, Jadwal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024 telah ditetapkan oleh KPU dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Merujuk PKPU tersebut, pelantikan atau pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden 2024 akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2024. Dimana akan dilangsungkan di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: