Israel Terus Menyerang UNIFIL, Lebanon Ajukan Komplain ke DK PBB

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 15 Oktober 2024 | 11:37 WIB
Ilustrasi Israel serang UNIFIL (Foto/Kurdistan 24)
Ilustrasi Israel serang UNIFIL (Foto/Kurdistan 24)

BeritaNasional.com - Lebanon mengajukan keluhan resmi kepada Dewan Keamanan PBB atas berulangnya serangan Israel yang menargetkan misi penjaga perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL).

Menurut pejabat Kantor Berita Nasional Lebanon, utusan Lebanon untuk PBB di New York mengajukan keluhan kepada Dewan Keamanan PBB dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres atas perintah Menteri Luar Negeri Abdullah Bou Habib.

Utusan diplomatik Lebanon itu mengatakan, serangan Israel terhadap UNIFIL adalah preseden buruk dan pelanggaran nyata hukum internasional. Israel sangat membahayakan misi UNIFIL.

Lebanon mendesak sikap tegas PBB atas serangan-serangan Israel. Lebanon juga meminta pertanggungjawaban Israel atas pelanggarannya untuk mencegah hal itu tidak terulang kembali.

Tank-tank Israel sebelumnya memaksa masuk ke salah satu posisi UNIFIL. Itu merupakan serangan terbaru dalam serangkaian pelanggaran dan serangan oleh militer Israel, yang melukai beberapa pasukan penjaga perdamaian.

Pekan lalu, empat penjaga perdamaian UNIFIL terluka akibat serangan Israel di pos mereka di Lebanon selatan.

Dikutip dari Antara, UNIFIL dibentuk pada 1978 sebagai pasukan sementara untuk membantu memulihkan perdamaian di kawasan dan memastikan penarikan Israel dari Lebanon.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: