Kepala BIN Budi Gunawan Diganti

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 15 Oktober 2024 | 12:08 WIB
Rapat paripurna DPR RI. (BeritaNasional/Elvis).
Rapat paripurna DPR RI. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com -  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menerima surat presiden (Supres) terkait pemberhentian dan pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Surat itu dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR pada Selasa (15/10/2024). Budi Gunawan sebagai kepala BIN bakal diganti sosok yang baru.

"Perlu kami beritahukan, bahwa pimpinan dewan telah menerima surat Presiden RI nomor R15 Tanggal 10 Oktober 2024 perihal permohonan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan kepala Badan Intelijen Negara (BIN)," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Pimpinan DPR dan pimpinan fraksi sudah membahas surat tersebut. Dalam rapat konsultasi, disepakati bahwa DPR akan membentuk tim untuk membahas pertimbangan atas pemberhentian dan pengangkatan calon kepala BIN.

Tim dibentuk karena saat ini keanggotaan komisi baru disusun. Karena itu DPR meminta setiap fraksi menyerahkan nama anggotanya ke dalam tim untuk membahas pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan kepala BIN.

"Rapat konsultasi memutuskan membentuk tim yang dipimpin oleh pimpinan DPR yang mempunyai tugas membahas pertimbangan atas pemberhentian dan pengangkatan calon kepala BIN untuk selanjutnya dilaporkan pada rapur terdekat," kata Puan.

Berdasar surat yang beredar atas penggantian tersebut Budi akan digantikan oleh Muhammad Herindra. Surat yang ditandatangani Presiden Joko Widodo ini tercantum tanggal 10 Oktober 2024. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: