Profil Hanni NewJeans: Pendidikan, Karier, hingga Mendapat Perundungan di Industri K-Pop

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 16 Oktober 2024 | 05:00 WIB
Hanni, anggota grup K-pop NewJeans. (Foto/Instagram @newjeans.hanni)
Hanni, anggota grup K-pop NewJeans. (Foto/Instagram @newjeans.hanni)

BeritaNasional.com - Hanni, anggota grup K-pop NewJeans, tengah ramai diperbincangkan setelah memberikan kesaksian soal adanya dugaan pelecehan dan perundungan di industri K-Pop pada Selasa (15/10/2024). 

Dilansir dari BBC News, Hanni memaparkan perlakuan perundungan ini di hadapan Komite Buruh Majelis Nasional Korea Selatan dalam sidang tentang pelecehan dan perundungan di tempat kerja.

Bagi yang belum mengenai sosok Hanni, simak selengkapnya profil berikut ini.

Profil Hanni

Hanni adalah anggota girl grup K-pop NewJeans berkebangsaan Vietnam-Australia.

Hanni lahir pada 6 Oktober 2004 di Melbourne, Victoria, Australia. Ayah dan ibunya adalah keturunan Vietnam. 

Orang tua dan kakek-neneknya bermigrasi ke Australia beberapa waktu sebelum ia lahir. Ia memiliki seorang adik perempuan bernama Jasmine yang lahir di Melbourne pada 2007.

Hanni adalah penggemar One Direction sejak kecil dan difoto sedang memegang tanda di salah satu konser mereka pada 2013.

Hanni dibesarkan sebagai seorang Katolik. Setelah pindah ke Korea Selatan, ia mengikuti kursus daring di bekas sekolah menengahnya di Australia.

Pada 2019, Hanni menjadi bagian dari grup cover dance K-pop Australia bernama AEMINA. Pada Oktober 2019, ia lulus Audisi Global Plus] dan menjadi trainee pada 2020. Ia kemudian terungkap sebagai satu-satunya anggota yang lolos dari audisi tersebut.

Karier

2021: Penampilan MV BTS "Permission to Dance"

Hanni muncul dalam peran kecil bersama calon anggota NewJeans Minji dalam video musik untuk lagu BTS " Permission to Dance ".

2022: Debut

Hanni terungkap sebagai anggota girl grup baru ADOR, NewJeans, pada 21 Juli 2022. Ia kemudian debut pada 1 Agustus 2022 dengan album mini New Jeans .

Fakta-fakta Menarik tentang Hanni

Hanni adalah idol Australia-Vietnam pertama yang debut di bawah Hybe.

Dia adalah satu-satunya anggota yang tidak lahir pada April atau Mei.

Hanni lahir di Australia.

Dia menggunakan paspor Australia saat bepergian.

Hanni berbicara bahasa Inggris dan Korea, tetapi tidak begitu fasih berbahasa Vietnam. Ia mengatakan berbicara bahasa Vietnam itu sulit.

Dia berbicara bahasa Vietnam dengan aksen asing dan tidak sepenuhnya fasih.

Dia berbicara bahasa Inggris dengan aksen Melbourne General Australia.

Dia memiliki seorang adik perempuan bernama Jasmine.

Dia memainkan ukulele, gitar dan piano

Dia pemegang sabuk hitam tingkat 2 di taekwondo. Dia berlatih di dojo milik kakeknya. Dia hanya bisa melakukan tendangan depan sambil melompat dengan kaki kanan sebagai kaki penendang.

Setelah kemunculannya di MV BTS "Permission to Dance", penggemar memanggilnya Cherry karena mereka tidak tahu namanya. Ia tampil di MV yang sama dengan Minji .

Dia adalah salah satu dari sedikit idola Vietnam di industri K-pop.

Jika dia melanjutkan pendidikan di universitas ketimbang debut sebagai seorang idol, dia lebih memilih mengambil jurusan sains dan kedokteran atau filmografi. [5]

Dia merupakan anggota yang paling kompetitif dalam grup, tetapi Minji mengalahkannya dalam hal tingkat kemenangan pada bidang atletik dan permainan berbasis keberuntungan.

Dia memiliki dua anjing peliharaan bernama Milly dan Mia.

Pada hari ulang tahunnya di tahun 2024, dia mengungkapkan bahwa waktu lahirnya pada pukul 18.10 waktu setempat.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: