Kemenag Beri Pelatihan Santri agar Bisa Operasikan AI

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 17 Oktober 2024 | 17:30 WIB
Santri harus bisa operasikan AI (Foto/Pixabay)
Santri harus bisa operasikan AI (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Kementerian Agama menggelar pelatihan singkat (short course) bagi santri yang ingin menjadi konten kreator maupun mahir dalam mengoperasionalkan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Suyitno mengatakan, dua pelatihan ini digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Santri 2024 yang dirayakan setiap tanggal 22 Oktober.

"Dua short course ini khusus digelar untuk menyemarakkan Hari Santri, dirancang untuk membekali para santri menyiapkan diri menyongsong masa depan," ujar Suyitno dikutip dari Antara.

Menurut Suyitno, dunia yang terus berubah dan dipenuhi dengan teknologi ini harus direspons pesantren dengan positif. Pesantren harus mampu memanfaatkan teknologi guna mempercepat penyampaian materi dakwah dan belajar.

"Santri harus beradaptasi dengan teknologi agar menjadi pribadi yang komplit. Santri harus bisa menguasai ilmu keagamaan dengan baik sekaligus menguasai teknologi," katanya.

Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Mastuki mengatakan, dua short course ini melibatkan narasumber yang profesional di bidangnya, yaitu para konten kreator santri yang memiliki rekam jejak sangat panjang.

"Semua pengisinya adalah para ahli, baik yang untuk konten kreator maupun AI. Kita ingin memberikan layanan terbaik untuk para santri dalam mempelajari dua hal ini," kata dia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: