Rambut Kamu Ubanan? Padahal Usia Belum 30? Yuk Simak Penyebab Ubanan

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Jumat, 18 Oktober 2024 | 08:30 WIB
Uban (Ilustrasi/Freepik)
Uban (Ilustrasi/Freepik)

BeritaNasional.com -  Kemunculan uban di usia muda kerap menarik perhatian, karena selama ini uban dianggap sebagai tanda seseorang mulai menua. Pada dasarnya, ada banyak hal yang dapat memicu munculnya uban di kepala, sehingga tidak selalu berkaitan dengan usia seseorang. Dikutip dari laman siloamhospitals.com pencetus uban di usia muda disebabkan beberapa faktor.

Beberapa faktor yang diketahui dapat berkontribusi terhadap munculnya uban di usia muda, antara lain yaitu:

1. Genetik

 Kondisi ubanan di usia muda paling banyak dipengaruhi oleh genetik atau faktor keturunan. Selain itu, diketahui pula bahwa ras dan etnis tertentu juga bisa berperan dalam pertumbuhan uban di usia muda. Sebuah penelitian menemukan bahwa uban bisa muncul sejak usia 20 tahun pada ras Kaukasia, ras Asia di usia 25 tahun, dan ras Afrika-Amerika dimulai di usia 30 tahun.

2. Stres

Salah satu hal yang juga menjadi penyebab seseorang beruban di usia muda adalah stres. Pasalnya, stres yang berkepanjangan dapat memicu stres oksidatif, yaitu sebuah kondisi di mana terjadi ketidakseimbangan antara radikal bebas dengan antioksidan dalam tubuh.

Kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, salah satunya adalah sel-sel rambut mengalami kerusakan.

3. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan, termasuk memicu munculnya uban di usia muda, bahkan sebelum usia 30 tahun. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan peningkatan stres oksidatif yang merusak melanosit folikel rambut. Selain itu, racun yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel, jaringan, dan organ tubuh, termasuk salah satunya merusak folikel rambut.

4. Paparan Radikal Bebas

 Radikal bebas adalah molekul yang memiliki potensi untuk merusak fungsi membran sel, protein, dan gen dalam tubuh. Adapun dampak negatif yang dihasilkan dari paparan radikal bebas secara berlebihan adalah terjadinya stres oksidatif dalam tubuh.

Ketika tubuh mengalami stres oksidatif, keseimbangan fungsi tubuh pun dapat terganggu. Kondisi ini kemudian dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dengan lebih cepat, termasuk tumbuh uban di usia muda.

5. Kekurangan Vitamin 

 Kondisi defisiensi vitamin, seperti B6, B12, biotin, vitamin D, dan vitamin E, dapat menjadi penyebab munculnya uban pada usia dini. Kekurangan nutrisi memiliki potensi untuk mengakibatkan hilangnya pigmentasi pada rambut.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa rendahnya kadar vitamin B12 dan zat ferritin, yang bertanggung jawab menyimpan zat besi dalam tubuh, dapat menjadi penyebab munculnya uban di usia muda.

6. Efek Samping Obat-obatan

 Penggunaan obat kemoterapi dan antimalaria diketahui dapat menjadi salah satu faktor penyebab munculnya uban pada usia muda. Obat-obatan tersebut disinyalir berpotensi menghambat aktivitas reseptor tirosin kinase C-KIT yang terdapat pada melanosit, yaitu sel-sel yang mengendalikan produksi pigmen pada rambut.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa obat klorokuin memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi produksi melanin pada rambut.

7. Gangguan Hormonal

 Perubahan hormonal, yang mulai terjadi saat memasuki usia 30-an tahun, juga dapat memengaruhi kondisi rambut secara keseluruhan. Akibatnya, tekstur rambut mengalami penurunan dan warna alami rambut dapat semakin terlihat putih seiring berjalannya waktu.

Perubahan hormonal yang dipicu oleh gangguan tiroid juga dapat menjadi penyebab munculnya uban di usia muda. Pasalnya, kelenjar tiroid, yang berperan dalam mengatur metabolisme tubuh, memiliki pengaruh signifikan terhadap produksi melanin pada rambut.

8. Mengalami Kondisi Medis Tertentu

Mengalami kondisi medis tertentu juga dapat menjadi penyebab munculnya uban di usia dini. Adapun salah satu kondisi yang dapat menyebabkan perubahan warna rambut atau uban adalah vitiligo, yaitu suatu kelainan autoimun yang menyebabkan hilangnya pigmen warna pada beberapa bagian kulit dan rambut. 

Sementara itu, sebuah kondisi bawaan sejak lahir yang disebut neurofibromatosis, diketahui juga dapat memicu pertumbuhan tumor di sepanjang saraf dan mengakibatkan perkembangan kulit dan tulang yang tidak normal. Kedua kondisi medis ini memiliki dampak langsung pada pigmen rambut yang kemudian dapat menyebabkan munculnya uban di usia muda. 

Oleh karena itu, pemahaman terhadap kondisi medis dan perawatan yang dibutuhkan dapat membantu mengelola serta mengurangi dampak munculnya uban di usia muda. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: