Festival Film Dokumenter Al Jazeera Balkan Tayangkan Kisah Perjuangan Warga Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 18 Oktober 2024 | 03:30 WIB
Ilustrasi Festival Film Dokumenter Internasional (Foto/Pixabay)
Ilustrasi Festival Film Dokumenter Internasional (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Festival Film Dokumenter Internasional Al Jazeera Balkan (AJB DOC) ke-7 sudah dimulai di Sarajevo, Ibu Kota Bosnia dan Herzegovina.

AJB DOC menampilkan serangkaian film dokumenter yang menyoroti penderitaan warga Palestina. Tema acara tahun ini adalah "Keadilan?"

Dikutip dari Anadolu, Edhem Foco selaku Direktur AJB DOC mengatakan, “Kami memilih tema berdasarkan apa yang terjadi di sekitar kita.”

"Tahun lalu, festival tersebut diadakan pada bulan September, dan pada bulan Oktober, serangan terhadap Gaza dimulai. Kami sedih karena apa yang terjadi tidak dapat disampaikan dengan baik di dunia budaya," ujar Foco.

Menuru Foco, dunia telah menyaksikan kematian wanita dan anak-anak serta hancurnya infrastruktur di Jalur Gaza.

"Kita juga telah menyaksikan reaksi dunia maju dan modern, yang memiliki kebiasaan memberi tahu orang lain apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Mereka berpihak pada pihak yang menindas. Pada titik ini, tema 'Keadilan?' muncul di benak kita. Di mana keadilan berada?", ujarnya.

Film dokumenter Anadolu 'The Evidence' akan diputar

Foco mengatakan, film dokumenter Anadolu, The Evidence, yang mengungkap kejahatan perang Israel di Jalur Gaza. Film tersebut akan diputar selama festival tersebut.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk menayangkan dokumenter AA di festival kami,” tambah Foco.

Foco juga mencatat bahwa beberapa reporter dan jurnalis foto Anadolu kehilangan nyawa mereka di Gaza. Anadolu merupakan salah satu dari sedikit media yang masih beroperasi di sana.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: