Mendagri Tito Buka-bukaan soal Sosok Pj Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 18 Oktober 2024 | 12:51 WIB
Mendagri Tito Karnavian dalam sebuah momen (Foto/Inst Tito Karnavian)
Mendagri Tito Karnavian dalam sebuah momen (Foto/Inst Tito Karnavian)

BeritaNasional.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian buka-bukaan tentang sosok Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi yang menggantikan Heru Budi Hartono.

Hal tersebut diungkapkan mantan Kapolri tersebut setelah pelantikan Pj gubernur Jakarta dan Papua Tengah di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).

‘’Jokowi memutuskan memilih Dr Teguh. Secara akademik, dia adalah seorang doktor. Kemudian, pengalaman pemerintahnya saya kira gak perlu diragukan,’’ ungkapnya saat diwawancarai.

Tito mengungkapkan Teguh sudah sangat mengenal dunia pemerintahan. Terbukti, dia sudah dua kali menjadi Pj gubernur, yaitu Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Utara.

‘’Semenjak tamat sarjana S-1, sudah di Kemendagri, mengenal pemerintahan, pernah dua kali menjadi penjabat gubernur, yaitu di Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Utara,’’ tuturnya.

Tito melanjutkan, selain pejabat di Kemendagri, Teguh juga pernah menjadi kepala badan pengembangan sumber daya manusia. Selain itu, dirjen bina pembangunan daerah. 

‘’Itu yang memberikan arahan kepada semua daerah untuk membuat rencana pembangunan jangka menengah, jangka panjang menengah, dan rencana kerja pemerintah daerah setiap tahun, Termasuk DKI. Sampai penyusunan APBD hafal banget,’’ paparnya. 

Tito menyebut Teguh juga pernah mengemban amanah sebagai Dirjen Dukcapil terkait kartu identitas KTP hingga masalah kependudukan. 

Segala macam lah di seluruh Indonesia. Dengan pengalaman kerja di Kemendagri, di daerah penjabat, dan juga kemampuan akademiknya yang cukup intelektual,’’ ucapnya.

Teguh, lanjut Tito, juga berkontribusi dalam penyusunan anggaran di Pemprov Jakarta.

‘’Sehingga kami tidak meragukan Pak Teguh mampu, tapi tentunya perlu koordinasi dengan Pak Heru terus-menerus,’’ katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: