Pemprov Jakarta Bersama KPU dan Bawaslu Persiapkan Kelancaran Pilgub

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 22 Oktober 2024 | 04:00 WIB
Pj Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi. (Foto/Berita Jakarta)
Pj Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi. (Foto/Berita Jakarta)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi turut mempersiapkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 dengan menggelar pertemuan dengan KPU dan Bawaslu di Balai Kota Jakarta, Senin (21/10/2024)

Teguh menegaskan pertemuan ini diperlukan untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan pilgub pada 27 November 2024.

"Sebagai penjabat yang baru, kami perlu meng-update. Ini salah satu bentuk komitmen kami bersama KPU dan Bawaslu. Kami harapkan pilkada bisa berlangsung dengan damai, aman, jujur, adil, langsung, umum, bebas, rahasia, dan pastinya bermartabat," ujarnya dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

Teguh juga membahas terkait netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan berbagai dukungan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta. 

Di antaranya, menyediakan tempat penyimpanan surat suara dan distribusi logistik. Pj Gubernur Teguh juga memastikan memonitor kelancaran pelaksanaan pemungutan suara bersinergi dengan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda).

"Kami juga akan bersinergi dengan forkopimda dan jajaran terkait. Misalnya, bagaimana distribusi logistik untuk lingkungan kota, bagaimana nanti untuk di Kepulauan Seribu, hal-hal yang seperti itu yang tadi juga sudah dibahas," imbuhnya.

Teguh menegaskan ada sanksi tegas apabila ASN tidak menjaga netralitas selama masa Pilgub Jakarta 2024.

"Tentu, terkait dengan ASN yang melanggar akan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami serahkan seperti itu karena sudah ada ketentuan. Bagaimana ASN harus bersikap untuk melambangkan netralitas dalam pilkada ini," tegasnya.

Pertemuan ini  dihadiri oleh Fahmi Zikrillah selaku Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta dan Munandar Nugraha sebagai Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta, di Ruang Fatahillah, Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (21/10).

Sementara itu, Komisioner KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah menjelaskan logistik dan pendistribusiannya sedang disiapkan. Penyaluran surat suara sudah sampai di masing-masing KPU, baik kota maupun kabupaten.

"Kemudian, terkait bagaimana nanti persiapan pelantikan kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), jumlahnya 133 ribu orang yang akan dilantik pada 7 November. Kami mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas fasilitas dan dukungan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta," tuturnya.

Di sisi lain, Munandar Nugraha selaku Ketua Bawaslu DKI Jakarta turut menyoroti netralitas ASN. Menurut dia, hal tersebut merupakan catatan penting dalam penyelenggaraan pilgub.

"Catatan penting dari Bawaslu RI terkait dengan netralitas ASN juga sudah kami sampaikan dan Pj Gubernur sangat mendukung untuk terselenggaranya hal itu. Kita sudah kuatkan komitmen. Nanti kita akan kolaborasikan kegiatan itu untuk memastikan seluruh ASN di lingkungan DKI Jakarta ini bisa clear netralitasnya," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: