Ini Sejumlah Manfaat Mencium Bau Kentut

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Kamis, 24 Oktober 2024 | 00:30 WIB
Ilustrasi Aroma (BeritaNasional/Freepik)
Ilustrasi Aroma (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Flatulensi atau sering kita sebut kentut selalu dianggap memalukan, mengganggu, dan tidak sopan, terutama jika kentut mengeluarkan bunyi keras dan bau tidak sedap. Ternyata di balik kentut yang menganggu gas yang dikeluarkan saat kentut memiliki potensi untuk kesehatan alias ada manfaatnya. 

Potensi manfaat mencium bau kentut

Mencium bau kentut mungkin terdengar sangat aneh, tetapi beberapa penelitian menunjukkan gas yang dilepaskan kentut, yakni hidrogen sulfida, bisa memberikan manfaat.

Meski begitu, penting diperhatikan, penelitian yang disebutkan di bawah ini sebagian besar tidak melakukan pengujian langsung kepada kelompok orang yang mencium bau kentut.

Kebanyakan studi dilakukan di laboratorium dan mengamati gas hidrogen sulfida dalam lingkungan terkontrol yang dirancang untuk kebutuhan penelitian.

1. Melindungi fungsi mitokondria
Hidrogen sulfida diketahui berpotensi melindungi mitokondria atau organ sel pembangkit tenaga. Manfaat ini tertulis pada sebuah penelitian dalam jurnal MedChemComm. 

Penelitian tersebut menunjukkan ketika sel-sel dalam arteri atau vena mengalami kerusakan, tubuh menggunakan enzim tertentu untuk menghasilkan hidrogen sulfida.

Hidrogen sulfida berfungsi sebagai sinyal dalam tubuh yang membantu mengatur berbagai proses biologis, termasuk melindungi sel dari stres oksidatif dan mencegah kematian sel.

Namun penting diketahui, penelitian ini tidak mengamati pengaruh langsung hidrogen sulfida yang berasal dari gas kentut. Jadi, mungkin hidrogen sulfida dari kentut tidak memberikan khasiat yang sama ketika Anda menciumnya secara langsung.

Fakta Seputar Kentut dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kamu akan sangat merasa malu bila kentut pada waktu yang kurang tepat, misalnya saat berada di dekat orang lain atau pada saat ramai. Meski begitu, aktivitas alami tubuh manusia ini pada dasarnya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. 

Buang angin atau kentut adalah proses pelepasan gas dari sistem pencernaan yang terbentuk sebagai hasil dari

2. Meredakan peradangan
Salah satu penelitian dalam jurnal Nitric Oxide mengatakan bahwa hidrogen sulfida, yakni gas yang keluarkan saat kentut, punya manfaat meredakan peradangan.

Hidrogen sulfida dapat mengurangi produksi mediator inflamasi, seperti sitokin proinflamasi (misalnya, TNF-alfa, IL-6) yang berperan dalam proses peradangan.

Senyawa dalam bau kentut juga dapat menghambat aktivasi sel-sel imun tertentu, seperti makrofag dan neutrofil. Hal inilah yang berperan dalam respons inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan.

Namun, penelitian ini dilakukan dengan metode kultur sel di laboratorium bukan mengamati adanya manfaat mencium kentut secara langsung.

3. Meredakan tekanan darah tinggi
Gas yang membuat kentut bau ternyata juga punya manfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi.

Hal ini diungkapkan dalam salah satu penelitian yang dipublikasikan jurnal Nitric Oxide yang melakukan pada hewan percobaan.

Dalam penelitian ini, para peneliti meneliti efek dari bau kentut buatan yang dikenal dengan sebutan AP39.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa AP39 dapat melemaskan otot-otot pada pembuluh darah.

Proses ini baik untuk penderita hipertensi karena pembuluh darah yang lebih rileks dapat mengurangi tekanan darah.

4. Meningkatkan kesehatan ginjal
Makanan yang bikin kentut

AP39, suatu senyawa yang terinspirasi oleh hidrogen sulfida, memiliki potensi dalam meningkatkan kesehatan ginjal, khususnya pada ginjal yang mengalami kerusakan akibat peradangan.

AP39 dapat membantu mengurangi stres oksidatif di ginjal, yang merupakan salah satu penyebab utama kerusakan sel ginjal.

Dengan mengurangi jumlah radikal bebas yang merusak, AP39 berpotensi melindungi sel-sel ginjal.

5. Mencegah penuaan
Salah satu penelitian dalam jurnal Aging menunjukkan bahwa AP39 dapat melindungi struktur sel yang biasanya melemah seiring bertambahnya usia.

Penemuan ini memberikan harapan bahwa AP39 dapat menjadi terapi potensial untuk memperlambat proses penuaan seluler dan mempertahankan kesehatan sel dalam jangka panjang.

Ini memiliki implikasi yang signifikan untuk kesehatan lansia dan pencegahan penyakit yang terkait dengan penuaan.

6. Menjaga kesehatan otak
Bau kentut mungkin juga baik untuk menjaga kesehatan otak ketika terjadi serangan jantung.

Selama serangan jantung, aliran darah ke jantung terputus sehingga menyebabkan kerusakan serius tidak hanya pada jantung tetapi juga pada otak.

AP39 memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan di otak setelah serangan jantung. Alhasil, efek ini melindungi neuron dari kerusakan lebih lanjut.
 sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: