Mabes Polri Ajukan Kombes Ahrie Sonta Jadi Calon Ajudan Presiden Prabowo

Oleh: Bachtiarudin Alam
Rabu, 23 Oktober 2024 | 11:41 WIB
Presiden Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Elvis).
Presiden Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Polri ternyata telah mengirimkan perwakilannya untuk menjadi Ajudan Presiden Prabowo Subianto. Demikian diakui Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

“Benar Polri telah mengirimkan nama nama personel polri yang terbaik,” kata Trunoyudo saat dikonfirmasi, Rabu (23/10/2024).

Jenderal Bintang Satu tersebut membenarkan jika salah satu nama yang telah diajukan ke Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) adalah Kombes Pol Ahrie Sonta Nasution.

“Salah satunya adalah Komisaris Besar Polisi Ahrie Sonta yang diajukan sebagai salah satu calon untuk Ajudan Presiden Republik Indonesia saat ini bapak Presiden Prabowo Subianto,” kata Trunoyudo.

Adapun sosok Kombes Ahrie Sonta merupakan lulusan Akpol tahun 2002, dia dikenal menjabat sebagai Sekretaris Pribadi (Sekpri) Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Perwira Menengah (Pamen) Polri ini telah banyak menjalani berbagai tugas, mulai menjadi bagian Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Operasi Nemangkawi di Papua dan pernah menjabat Mantan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok.

Sampai terlibat dalam penangkapan Djoko Tjandra di Malaysia terkait korupsi pengalihan hak tagih (Cessie) Bank Bali yang dipimpin Kabareskrim kala itu Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Nantinya apabila telah diumumkan oleh Setmilpres, Kombes Ahrie Sonta akan menjadi ajudan Presiden bersama tiga ajudan lainnya dari tiga Matra TNI, yakni Angkatan Laut (AL), Angkatan Darat (AD), dan Angkatan Udara (AU). 

Tercatat untuk tiga kandidat ajudan dari tiga matra TNI yakni, Letkol Laut (P) Romi Habe Putra (TNI AL), Kolonel Pnb Anton "Sioux" Palaguna (TNI AU), dan Kolonel Inf Wahyo Yuniartoto (TNI AD).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: