Korut Disebut Kirim 3.000 Tentara ke Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 25 Oktober 2024 | 03:30 WIB
Korut disebut kirim tentara ke Rusia (Foto/KCNA)
Korut disebut kirim tentara ke Rusia (Foto/KCNA)

BeritaNasional.com - Juru Bicara Keamanan Nasional John Kirby mengatakan, AS yakin sedikitnya 3.000 tentara Korea Utara (Korut) melakukan perjalanan dengan kapal ke Vladivostok, pelabuhan terbesar Rusia di Pasifik pada awal hingga pertengahan Oktober.

“Para tentara ini kemudian melanjutkan perjalanan ke beberapa lokasi pelatihan militer Rusia di Rusia timur, tempat mereka kini menjalani pelatihan,” kata Kirby.

“Kami belum tahu apakah para tentara akan ikut bertempur bersama militer Rusia. Namun ini tetap saja mengkhawatirkan,” katanya dikutip Antara.

Kirby mengatakan, mereka mungkin pergi ke Rusia bagian barat, kemungkinan terlibat pertempuran melawan pasukan Ukraina.

“Jika tentara Korea Utara benar-benar terlibat pertempuran, perkembangan ini akan menunjukkan Rusia yang semakin putus asa dalam perangnya melawan Ukraina,” kata Kirby.

Intelijen Korea Selatan pertama kali mempublikasikan laporan bahwa angkatan laut Rusia telah membawa 1.500 pasukan khusus unit tempur Korea Utara ke Rusia bulan ini. 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, pemerintahnya memiliki intelijen bahwa 10.000 tentara Korea Utara sedang dipersiapkan untuk bergabung dengan pasukan tempur Rusia.

Namun Rusia dan Korea Utara membantah adanya pergerakan pasukan keduanya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: