Eks Penyidik KPK Sampaikan 5 Hal Krusial yang Harus Dilakukan Presiden Prabowo

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 24 Oktober 2024 | 20:16 WIB
Presiden Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Elvis).
Presiden Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo meminta kepada Presiden Prabowo Subianto untuk bisa memperhatikan lima hal krusial yang diharapkan bisa dijalankan di pemerintahannya.

“Pertama, pelum disahkannya UU Perampasan Aset. Kedua, ⁠perlunya penguatan KPK,” ujar Yudi kepada wartawan, Kamis (24/10/2024).

Namun, kata dia, hal penting lainnya mengenai pimpinan KPK yang harus memiliki komitmen berintegritas. Hal ini tentunya menjadi tombak sebagai bentuk pemberantasan korupsi di tanah air.

“Ketiga, ⁠terpilihnya pimpinan dan dewas kpk yang kompeten dan berintegritas. Keempat, ⁠perlunya pemidanaan terkait LHKPN. Terakhir, ⁠perbaikan sistem dan digitalisasi tata kelola anggaran dan pelayanan di Kementerian/lembaga,” tuturnya.

Maka dari itu, Yudi yakin kelima hal itu bakal dilihat Prabowo karena presiden menyatakan bahwa pemberantasan korupsi merupakan salah satu dari 17 program prioritas.

“Hal itu dipertegas dengan pidato di hari pelantikan, sehingga seyogyanya anggota kabinet pemerintahannya maupun koalisi di Parlemen bisa menerjemahkannya dengan baik,” kata dia.

Dirinya juga mengingatkan Prabowo agar memberikan perhatian lebih karena Indeks Persepsi Korupsi (KPK) di Indonesia masih rendah. Ia berharap Indonesia bisa naik ke angka di atas 40 dari skor sempurna 100. Menurutnya, hal tersebut adalah target yang mampu dicapai Prabowo.

“45 dengan syarat bersih bersih pemerintahan dilakukan dengan baik, sungguh sungguh dan konsisten,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: