Pagi Ini Udara Jakarta Tidak Sehat untuk Kelompok Sensitif

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Jumat, 25 Oktober 2024 | 08:34 WIB
Ilustrasi Hujan (BeritaNasional/Freepik)
Ilustrasi Hujan (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Kualitas udara di DKI Jakarta pada Jumat pagi (25/10/2024)berada dalam kategori tidak sehat untuk kelompok sensitif, meski sebagian besar wilayah diguyur hujan pada Kamis (24/10) malam hingga Jumat dini hari.

Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir, pada pukul 06.00 WIB, Indeks Kualitas Udara (AQI) di Jakarta berada di angka 115, dengan angka partikel halus (particulate matter/PM) 2,5 di angka konsentrasi polutan 41 mikrogram per meter kubik.

Dikutip dari kantor berita Antara, konsentrasi tersebut setara 8.2 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Indeks tersebut membuat Jakarta menduduki kota dengan kualitas udara peringkat ke-12 terburuk di dunia.

Masyarakat, khususnya untuk kelompok sensitif pun direkomendasikan untuk selalu mengenakan masker saat di luar ruangan, menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor dan menyalakan penyaring udara.

Adapun sejumlah wilayah di Jakarta yang tercatat memiliki kualitas udara dengan kategori tidak sehat, yakni Cengkareng, Kebon Jeruk, Kemayoran, Pondok Indah dan Gatot Subroto.
 sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: