Pemprov Jakarta Tingkatkan Layanan Kesehatan dengan Fasilitas Ini

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 02:00 WIB
Ilustrasi fasilitas kesehatan di rumah sakit. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Ilustrasi fasilitas kesehatan di rumah sakit. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi membuka kegiatan Executive Summit Meeting (ESM) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan layanan kesehatan melalui layanan rujukan berbasis kompetensi fasilitas pelayanan kesehatan di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (25/10). 

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan di setiap fasilitas kesehatan di Jakarta, baik dari tingkat puskesmas maupun rumah sakit.

Dalam kesempatan ini, Teguh mengatakan Jakarta yang menuju kota global menghadapi tantangan dalam menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas dan merata. 

Hal ini juga membutuhkan percepatan sistem rujukan dari puskesmas ke rumah sakit, serta peningkatan koordinasi dan kompetensi antarfasilitas kesehatan. 

"Saya menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kualitas dan efektivitas sistem layanan kesehatan di Jakarta, khususnya dalam aspek rujukan pasien. Saya juga mengapresiasi jajaran Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta atas upaya pengembangan sistem rujukan terintegrasi berbasis kompetensi fasilitas pelayanan kesehatan, melalui penguatan fungsi Command Centre dengan platform digital terpadu untuk memastikan akses dan kualitas layanan rujukan yang lebih baik," ujarnya.

Teguh juga menjelaskan, Jakarta diharapkan dapat mewujudkan sistem kesehatan yang lebih responsif, efisien, dan berorientasi kepada pasien, sehingga turut meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan publik. Ia pun mengimbau seluruh jajaran di Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta agar bisa melaksanakan komitmen bersama dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Jakarta.

"Kepada segenap jajaran Dinas Kesehatan yang telah bekerja dalam upaya peningkatan layanan kesehatan di Kota Jakarta, mari perkuat komitmen dalam memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat dengan menerapkan budaya kerja BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Utamakan profesionalisme dan dedikasi untuk menciptakan customer experience yang unggul," imbau Pj. Gubernur Teguh.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati menuturkan, upaya mewujudkan layanan yang terintegrasi ini dapat menjadi motivasi bagi tenaga kesehatan di Jakarta untuk untuk semakin mempercepat realisasi komitmen bersama agar setiap warga Jakarta mendapatkan perawatan yang terbaik, cepat, dan tepat.

"Intinya, pendekatan rujukan yang pasien-sentris melalui sistem rujukan terintegrasi berbasis kompetensi fasilitas pelayanan kesehatan ini dapat memastikan setiap pasien memperoleh perawatan terbaik. Dengan proses rujukan yang lebih cepat dan tepat, yang tidak hanya meningkatkan kepuasan, tetapi juga patient experience dalam layanan kesehatannya," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: