Ajak Jenderal di Kabinet Hujan-hujanan Susuri Pasukan Upacara, Prabowo: Anak Buah Basah, Pimpinan Juga Harus Basah

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 10:02 WIB
Presiden Prabowo saat memberikan arahan kepada para menteri Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang. (Foto/Tim Media Prabowo)
Presiden Prabowo saat memberikan arahan kepada para menteri Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang. (Foto/Tim Media Prabowo)

BeritaNasional.com - Presiden Prabowo Subianto mengatakan seorang pemimpin harus mampu memberikan teladan yang baik sesuai asas ing ngarso sung tulodo. 

Hal itu diungkapkannya saat memimpin upacara Parade Senja di tengah hujan deras yang turut dihadiri seluruh jajaran Kabinet Merah Putih di Lapangan Pancasila, Graha Utama Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024) sore.

"Jadi, kami bangga dengan saudara-saudara sekalian. Penampilan saudara tadi saya lihat saudara basah-basahan, saya pun mengajak para jenderal untuk basah-basah," katanya.

"Karena asas kepemimpinan kita adalah ing ngarso sung tulodo, kalau anak buah basah, pimpinan harus basah. Kalau anak buah kepanasan, pimpinan harus kepanasan. Kalau anak buah lapar, pemimpin harus merasakan lapar juga. Itu adalah asas kepemimpinan kita," sambungnya.

Prabowo bercerita tentang seorang jenderal bintang satu yang gugur pada saat operasi. Menurut dia, hal itu menunjukkan diterapkannya asas kepemimpinan bahwa tugas maupun pemimpin harus berada di tengah anak buah..

"Pernah saya dengar waktu seorang jenderal bintang satu gugur di daerah operasi. Ada yang bertanya kenapa seorang Brigjen berada di daerah operasi. (Itu) karena tradisi kita adalah bahaya yang dipikul oleh anak buah harus juga dipikul oleh atasan-atasannya," imbuhnya. 

Ia pun menuturkan, tujuan dari membawa Kabinet Merah Putih dalam kegiatan itu adalah melihat semangat dan disiplin generasi penerus. 

"Saya bawa mereka untuk melihat tunas-tunas pemimpin bangsa, untuk melihat semangatmu, melihat disiplinmu, bahwa seorang prajurit itu siap berkorban jiwa dan raga untuk bangsa dan negara. Dan para menteri pun siap memberi segalanya untuk membela kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: