Gali Masalah, KPU DKI Jakarta Libatkan 7 Kelompok Masyarakat

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 22:34 WIB
Gedung KPU DKI Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Gedung KPU DKI Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Komisi Pemilihan Umum  (KPU) DKI Jakarta melibatkan tujuh kelompok masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada panelis saat debat kedua Pilkada DKI Jakarta 2024.

Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Hubungan Masyarakat KPU DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan telah mengundang tujuh kelompok masyarakat termasuk nelayan. 


"Kemarin kami mengundang tujuh. Tujuh itu termasuk (kelompok) nelayan, UMKM," katanya. 

Dikutip dari Antara, nantinya masyarakat menyampaikan curahan hati dan berbagai keresahan yang diharapkan dapat diselesaikan ke depannya.

Panelis yang ditunjuk kemudian menggali lebih dalam aspirasi tersebut sekaligus isu yang berkaitan dengan tema debat kali ini yakni ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Aspirasi yang didapatkan kemudian dirumuskan dalam bentuk pertanyaan untuk para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur peserta debat Pilkada DKI 2024.

"Nelayan itu kan memang profesi yang tidak banyak di DKI Jakarta namun mereka juga masih warga DKI Jakarta yang butuh perhatian. Itu tadi yang kami kemudian angkat isunya dan masih banyak lagi," kata dia.

Seperti sebelumnya, pertanyaan dari panelis akan disampaikan kepada para pasangan calon pada segmen dua dan tiga.

Segmen 1 penyampaian visi-misi program masing-masing pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur. Segmen 2 dan 3 pendalaman visi-misi oleh moderator dan para pasangan calon akan menjawab pertanyaan dari panelis.

Lalu segmen 4 dan 5 tanya jawab antarpaslon dan segmen 6 penyampaian pernyataan penutup masing-masing paslon.

"Itu sesi dua dan tiga. Jadi dari pertanyaan yang diajukan itu ada pertanyaan-pertanyaan yang merupakan memang disusun dari aspirasi masyarakat," ujar Astri.

KPU DKI Jakarta telah menetapkan debat kedua Pilkada DKI 2024 berlangsung pada 27 Oktober 2024 di Ancol, Jakarta Utara, pukul 19.00 WIB.

Tema dalam debat tersebut, yakni Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial. Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Debat Pilkada DKI 2024 diikuti paslon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: