Bawaslu Jakarta Utara Ajak Pemilih Pemula Berperan Aktif

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 23:16 WIB
Ilustrasi Pemilihan (BeritaNasional/Freepik)
Ilustrasi Pemilihan (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Generasi muda merupakan kekuatan besar dalam proses demokrasi. Dalam menghadapi pilkada 2024 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jakarta Utara  mengajak siswa terlibat melakukan pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula. 

"Sangat penting melibatkan pemilih pemula untuk ikut melakukan pengawasan sehingga peluang pelanggaran pemilu dapat ditekan," kata Ketua Bawaslu Kota Jakarta Utara, Johan Bahdi di Jakarta, Sabtu (26/10/2024).

Sebagai pemilih pemula memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga agar pemilu berjalan dengan jujur, adil, dan tanpa kecurangan.

"Dengan pengawasan partisipatif, semua bisa mencegah pelanggaran seperti politik uang, hoaks, atau kampanye hitam,” ujarnya seperti dikutip dari Antara. 

Ia mengatakan Bawaslu Jakut menggelar program Bawaslu Goes To School. Acara ini bertujuan memberi edukasi langsung kepada para pemilih pemula tentang fungsi dan peran Bawaslu dalam mengawasi jalannya Pemilu, serta peran mereka berpartisipasi aktif.
 

Dalam acara itu siswa diberikan pemahaman mengenai berbagai jenis pelanggaran pemilu yang sering terjadi dan langkah yang bisa diambil jika menemukan kecurangan.

"Dalam kegiatan tersebut siswa yang bersemangat untuk ikut serta dalam menjaga kualitas demokrasi di Indonesia," kata dia.

Anggota Bawaslu Jakarta Utara Yapto berharap pemilih pemula di wilayah Jakarta Utara dapat semakin kritis dan peduli terhadap proses pemilihan yang bersih dan transparan.

"Kami butuh pemuda yang berani bertindak, bukan hanya sebagai pemilih, tapi juga sebagai pengawas yang aktif dalam menjaga pemilihan tetap sesuai aturan,” kata dia.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: